10 Hal Lain Penyebab Migrain yang Mungkin Belum Diketahui

Minggu, 27 Desember 2015 - 16:25 WIB
10 Hal Lain Penyebab Migrain yang Mungkin Belum Diketahui
10 Hal Lain Penyebab Migrain yang Mungkin Belum Diketahui
A A A
LOS ANGELES - Sakit kepala sebelah atau migrain kerap mengganggu aktivitas seseorang. Pasalnya, pengidap migrain akan merasakan sakit kepala hebat di depan atau satu sisi kepala.

Beberapa orang pun kerap mengalami migrain satu sampai dua kali dalam beberapa tahun.

Sementara untuk pemicu, umumnya migrain disebabkan oleh alkohol, suara keras, daging olahan dan paparan sinar matahari.

Namun tidak hanya itu, migrain juga disebabkan oleh beberapa hal lain yang patut Anda ketahui. Berikut ulasannya yang dilansir dari Boldsky.

1. Makanan yang tak disimpan dengan benar
Penyimpanan makanan yang tidak tepat atau terlalu lama ditinggalkan bisa memicu migrain. Untuk itu, jika Anda tidak ingin menghabiskan makanan, sebaiknya simpan makanan di lemari es atau dalam wadah kedap udara.

2. Stres
Saat stres, sel-sel tertentu di otak akan bereaksi secara aktif untuk melawan. Hal tersebut rupanya mempengaruhi sistem pembuluh darah di otak yang menyebabkan migrain.

Selain itu, stres juga memicu perasaan cemas dan dapat memicu migrain hingga memperparah serangan migrain.

3. Kelebihan kafein
Kelebihan konsumsi kafein dan berhenti mengonsumsi kafein secara tiba-tiba memicu migrain. Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah yang peka terhadap
kafein, sehingga penurunan secara tiba-tiba akan menyebabkan tubuh mengalami gejala putus zat, termasuk migrain.

4. Lingkungan
Beberapa orang mengalami migrain ketika mencium parfum yang menyengat. Bau menyengat ini tentunya tidak dapat dihindari ketika Anda berada di tempat umum.

Parahnya, beberapa orang juga bisa mengalami migrain ketika berada di dekat lampu berkedip-kedip.

5. Menstruasi
Umumnya, sebelum dan selama menstruasi, wanita kerap mengalami migrain. Migrain biasanya terjadi karena penurunan kadar estrogen. Anda bisa menghindarinya dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang dan olahraga secara teratur.

6. Melewatkan waktu makan
Melewatkan waktu makan malam dipercaya mampu memicu migrain. Hal ini terjadi karena tubuh akan kehabisan tenaga sebagai hasil dari kurangnya nutrisi.

Lelah yang berlebihan juga bisa menimbulkan migrain.

7. Kurang tidur
Demi kesehatan, para ahli menganjurkan tidur malam selama delapan jam. Jika kurang, keesokan harinya Anda pun mudah terserang migrain.

8. Cokelat
Makanan yang mengandung kakao seperti cokelat dipercaya menyebabkan migrain.

Hal ini disebabkan oleh phenylethylamine yang terkandung dalam kakao bisa menyebabkan ekspansi dan kontraksi pembuluh darah.

9. Ikan
Migrain bisa disebabkan oleh ikan kaleng atau ikan yang diasinkan. Pasalnya, ikan-ikan tersebut mengandung bahan pengawet dengan nitrat.

10. Pemanis buatan
Berhati-hatilah bila Anda kerap mengonsumsi pemanis buatan, seperti aspartame. Untuk itu hindari minuman diet, makanan rendah kalori dan permen
bebas gula.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2968 seconds (0.1#10.140)