6 Penyakit yang Umum Menyerang Wanita dan Gejalanya

Sabtu, 09 Maret 2024 - 17:30 WIB
loading...
6 Penyakit yang Umum Menyerang Wanita dan Gejalanya
Setiap wanita perlu waspada terhadap sejumlah penyakit yang umum menyerang. Penting bagi setiap wanita untuk menjaga kesehatan dengan melakukan pemeriksaan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Setiap wanita perlu waspada terhadap sejumlah penyakit yang umum menyerang. Penting bagi setiap wanita untuk menjaga kesehatan dengan melakukan pemeriksaan rutin, menjaga gaya hidup sehat, dan mengelola stres.

Kesehatan perempuan mencakup banyak tantangan unik yang dipengaruhi oleh faktor biologis, sosial, dan lingkungan. Memahami penyakit yang rentan menyerang wanita sangat penting untuk pencegahan yang efektif, diagnosis tepat waktu, dan penatalaksanaan yang tepat.

Penting bagi setiap wanita untuk menjaga kesehatan dengan melakukan pemeriksaan rutin, menjaga gaya hidup sehat, dan mengelola stres. Berkonsultasi dengan dokter secara teratur dan merespons perubahan atau gejala yang mencurigakan adalah kunci untuk mencegah dan mengelola masalah kesehatan yang mungkin timbul.

Penyakit yang Umum Menyerang Wanita dan Gejalanya



Berikut adalah beberapa penyakit yang sering menyerang wanita dilansir dari Times of India, Minggu (10/3/2024).



1. Kanker Payudara


Kanker payudara adalah salah satu kanker yang paling umum terjadi pada wanita di seluruh dunia. Meskipun pria dan wanita bisa terkena kanker payudara, wanita jauh lebih rentan terkena kanker payudara. Faktor risikonya antara lain usia, riwayat keluarga, faktor hormonal, dan pilihan gaya hidup seperti konsumsi alkohol dan merokok.

Gejalanya berupa benjolan di payudara, perubahan ukuran atau bentuk payudara, keluarnya cairan dari puting, atau perubahan kulit. Deteksi dini melalui mammogram secara teratur dan pemeriksaan payudara mandiri sangat penting untuk meningkatkan tingkat kelangsungan hidup.

Selain itu, menjaga gaya hidup sehat, membatasi asupan alkohol, dan menghindari tembakau dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.

2. Osteoporosis


Osteoporosis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan melemahnya tulang sehingga lebih rentan mengalami patah tulang. Wanita mempunyai risiko lebih tinggi terkena osteoporosis, terutama setelah menopause ketika kadar estrogen menurun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)