9 Wisata Bawah Tanah Megah, Seram dan Terunik di Dunia

Kamis, 31 Desember 2015 - 03:25 WIB
9 Wisata Bawah Tanah Megah, Seram dan Terunik di Dunia
9 Wisata Bawah Tanah Megah, Seram dan Terunik di Dunia
A A A
JAKARTA - Bawah tanah umumnya digunakan sebagai lahan parkir dan bunker. Namun percayakah Anda jika terdapat tempat wisata yang menarik di bawah tanah?

Dimulai dari yang menyeramkan, bernuansa spiritual hingga memiliki nilai sejarah tinggi, semuanya bisa Anda temukan di bawah tanah.

Jika ke pantai, gunung dan tempat terbuka lainnya sudah biasa, liburan selanjutnya Anda harus mencoba mengunjungi sembilan tempat wisata bawah tanah berikut ini yang dikutip dari Mister Aladin.

1. Catacombs Paris (misteraladin.com)

1. Catacombs of Paris
Di Paris terdapat ribuan tulang belulang manusia yang harus dipindahikan sekitar tahun 1785 – 1860 akibat sudah terlalu penuhnya pemakaman di kota.

Tulang-tulang tersebut akhirnya disusun dengan rapi dan cantik, menghiasi dinding jaringan terowongan dan gua sepanjang 322 kilometer dan diberi nama Catacombs.

Saat Halloween tiba, tempat ini juga dibuka di malam hari. Beberapa wisatawan yang memiliki nyali lebih juga diizinkan untuk menginap di Catacombs secara gratis.

2. Tambang Llechwedd Wales Utara (misteraladin.com)

2. Tambang Llechwedd, Wales Utara
Di tempat wisata bawah tanah yang dulunya tambang ini, Anda bisa mencoba jalan di atas tiga trampolin raksaasa. Menariknya, trampolin tersebut terpasang di ketinggian 18 meter dari dasar tanah.

3. Salina Turda 2 Rumania (misteraladin.com)

3. Salina Turda, Rumania
Salina Turda merupakan taman hiburan di bawah tanah. Awalnya, tambang Salina Turda ini digali saat abad pertengahan untuk menjadi sumber garam obat, tapi sekarang tempat ini diisi oleh bianglala, teater, tempat boling, lapangan golf mini, dan danau bawah tanah lengkap dengan perahu-perahunya.

4. Cu Chi Tunnels Vietnam (misteraladin.com)

4. Cu Chi Tunnels, Vietnam
Terletak 32 kilometer dari Ho Chi Minh Ibu Kota Vietnam, Terowongan Cu Chi membuat banyak wisatawan terenyuh. Pasalnya, tempat ini menunjukkan betapa beratnya perjuangan para prajurit di zaman perang. Dulunya, terowongan ini digunakan tentara Viet Cong untuk bersembunyi dari tentara Amerika.

4. Cu Chi Tunnels Vietnam (misteraladin.com)

Kabarnya, terowongan ini memiliki banyak fungsi. Mulai dari markas, rumah sakit, ruang penyimpanan, hingga jalur distribusi. Menariknya, pintu masuk terowongan ini hanya selebar badan satu orang dewasa dan dipenuhi dengan dedaunan.

5. Cabinet War Room London (misteraladin.com)

5. Cabinet War Rooms, London
Mau tahu tempat persembunyian Perdana Menteri Inggris, Winston Churcill, saat Perang Dunia (PD) II? Cabinet War Rooms menjadi tempat tokoh penting Inggris ini bersembunyi saat rumahnya di 10 Downing Street sudah terlalu berbahaya untuk ditinggali.

Meski tinggal di bunker, Churcill tetap bisa makan malem bersama istrinya dan memberikan arahan anak buahnya. Hingga sekarang, ruangan seluas 1000 meter
persegi ini masih dijaga keasliannya, termasuk letak peta dan kursi milik Churcill sendiri.

6. Coober Pedy Australia (misteraladin.com)

6. Coober Pedy, Australia
Coober Pedy merupakan salah satu kota di Australia yang terletak di bawah tanah. Semua bangunan yang biasa ada di sebuah kota tersedia di sini. Seperti tempat beribadah di gereja, wisata ke museum, makan di restoran hingga menginap di hotel.

Rumah penduduk di sini juga sama seperti mereka yang tinggal di atas tanah. Mereka juga punya lemari, perapian, dapur, dan televisi. Selain itu, mayoritas dari mereka bekerja sebagai penambang opal yang diekspor ke seluruh dunia.

7. Salt Cathedral Kolombia (misteraladin.com)

7. Salt Cathedral, Kolombia
Berlokasi di kedalaman180 meter di bawah tanah, katedral yang dulunya tambang garam ini sudah berada sejak 500 tahun yang lalu. Semua patung di sini, termasuk salib setinggi nyaris 5 meter, terbuat dari garam yang diukir. Setiap Minggu, tempat unik ini dikunjungi oleh lebih dari 3.000 orang.

8. Tambang garam Wieliczka Polandia (misteraladin.com)

8. Tambang garam Wieliczka, Polandia
Tempat wisata yang satu ini juga nggak kalah asinnya dengan Salt Cathedral. Tambang garam Wieliczka merupakan salah satu objek wisata terbesar di Polandia yang dilengkapi sanatorium bebas polusi dan pencetus alergi.

Kabarnya, banyak pengidap asma yang berkunjung ke sana untuk menyembuhkan penyakitnya. Bukan cuma sanatorium, tempat wisata ini juga punya kapel, ruang serba guna, restoran, hingga toko.

9.The Vaults London (misteraladin.com)

9.The Vaults, London
The Vaults menjadi tempat wisata bawah tanah tergaul di London. Pasalnya, terdapat banyak pertunjukan teater, film, dan acara-acara seru yang dilangsungkan di sini. Teater dengan 176 kursi ini akan memberikan sensasi yang berbeda dibanding teater lainnya.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5070 seconds (0.1#10.140)