Yoga Bantu Lansia Jaga Keseimbangan & Kurangi Risiko Cedera

Selasa, 19 Januari 2016 - 17:30 WIB
Yoga Bantu Lansia Jaga...
Yoga Bantu Lansia Jaga Keseimbangan & Kurangi Risiko Cedera
A A A
AUSTRALIA - Yoga dipercaya bisa membantu lansia (kelompok orang lanjut usia) menjaga keseimbangan dan mengurangi risiko cedera. Menariknya, manfaat tersebut dirasakan secara cepat oleh mereka.

Meski bukan hal baru, olahraga asal India ini sudah terbukti bisa membantu lansia menjaga keseimbangan dan mengurangi risiko cedera karena jatuh.

Dilansir Reuters, peneliti dari George Institute for Global Health, Sydney Medical School, The University of Sydney Australia, Anne Tiedemann mengungkapkan, program yoga selama 20 jam bisa meningkatkan keseimbangan lansia secara signifikan.

Penelitian ini melibatkan 300 responden berusia di atas 60 tahun. Selama dua kali dalam seminggu selama 60 bulan, mereka menjalankan program yoga, dengan waktu 60 sampai 90 menit.

Hasilnya pun menunjukkan, 82% responden yang mengikuti kelas yoga dari awal hingga akhir, merasakan keseimbangan seperti berjalan lebih cepat dan lebih mudah bangun dari kursi.

Sayangnya, 3% responden mengaku mengalami nyeri lutut, nyeri pinggang hingga masalah otot lainnya. Meski demikian, peneliti menilai, efek samping ini tidak berbahaya.

"Meningkatkan keseimbangan tak hanya mencegah risiko cedera karena jatuh. Hal ini juga meningkatkan rasa percaya diri lansia, yang membuat kualitas hidup mereka meningkat," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)