Ini Manfaat Bagi Ibu Hamil yang Jalani Vegetarian

Rabu, 27 Januari 2016 - 14:20 WIB
Ini Manfaat Bagi Ibu...
Ini Manfaat Bagi Ibu Hamil yang Jalani Vegetarian
A A A
JAKARTA - Rasa khawatir kerap menghantui wanita hamil yang menjalani vegetarian. Pasalnya, mereka menilai, kebiasaan ini bisa mempengaruhi perkembangan janinnya.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Beberapa penelitian mengungkapkan, bahwa mengonsumsi makanan yang tepat, tidak memberikan efek samping pada wanita hamil dengan vegetarian. Bahkan, mereka bisa menjalani kehamilan dan melahirkan bayi yang sehat.

Dilansir dari Everyday Health, pola makan vegetarian yang dijalani ibu hamil dipercaya memiliki banyak manfaat. Salah satunya, sumber protein nabati lebih mudah dicerna oleh tubuh dan berisiko lebih rendah terhadap penyakit gigi.

Secara umum, menjadi vegetarian bisa menurunkan risiko obesitas, tekanan darah tinggi, konstipasi, penyakit jantung, diabetes tipe-2, kanker dan batu ginjal.

Sementara, terapis nutrisi di Good Samaritan Hospital di Dayton, Ohio, Martha K. Grodrian RD, menjelaskan bahwa keuntungan lain menjadi vegetarian saat hamil adalah jarang mengonsumsi junk food dan lebih memilih makanan segar kaya nutrisi.

Namun, Anda membutuhkan usaha ekstra untuk melakukan hal tersebut. Menurut Grodrian, butuh lebih banyak usaha dan perencanaan makan yang efektif bagi penganut vegetarian agar tetap sehat selama kehamilan.

"Paling umum adalah kekhawatiran kekurangan protein dan lemak yang dibutuhkan oleh janin. Namun, saya kira suplementasi bisa mengatasinya," kata dia.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6475 seconds (0.1#10.140)