Studi: Gangguan Hipertensi Selama Kehamilan Terkait dengan Gejala Menopause

Jum'at, 21 Agustus 2020 - 19:09 WIB
loading...
Studi: Gangguan Hipertensi Selama Kehamilan Terkait dengan Gejala Menopause
Secara keseluruhan, tekanan darah tinggi selama kehamilan dan gejala menopause yang parah merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular pada wanita. / Foto: ilustrasi/Falkirk Herald
A A A
JAKARTA - Tekanan darah tinggi atau hipertensi selama kehamilan tampaknya terkait dengan gejala menopause yang lebih mengganggu seperti hot flashes, gangguan tidur dan gejala psikologis di kemudian hari.

(Baca juga: Madu Obat Ampuh Mengobati Batuk dan Pilek )

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Menopause juga menunjukkan bahwa wanita dengan riwayat hipertensi selama kehamilan yang menggunakan terapi hormon lebih cenderung melaporkan gejala yang lebih mengganggu daripada wanita tanpa riwayat tersebut.

Menurut Direktur Mayo Clinic Center for Women's Health dan direktur medis untuk North American Menopause Society, Dr Stephanie Faubion, secara keseluruhan, tekanan darah tinggi selama kehamilan dan gejala menopause yang parah merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular pada wanita. Namun, hanya karena mereka terhubung tidak berarti yang satu menyebabkan yang lain.

"Gangguan hipertensi pada kehamilan tidak menyebabkan wanita mengalami lebih banyak hot flashes, dan hot flash tidak akan menyebabkan penyakit jantung," kata Faubion, yang bekerja pada penelitian tersebut, seperti dilansir CNN, Jumat (21/8).

(Baca juga: Bukan Hanya Wanita, Kaum Adam Ternyata Juga Bisa Alami PMS )

"Tapi keduanya tampaknya menjadi penanda penyakit jantung, dan saya pikir kami baru saja mengambil fakta bahwa mereka saling terkait dan bahwa wanita yang memiliki satu lebih mungkin untuk memiliki yang lain," tambah dia.

"Kami mulai memahami bahwa wanita memiliki hal-hal unik yang mereka alami yang dapat menempatkan mereka dalam kategori berbeda untuk risiko penyakit jantung dan menemukan bahwa keduanya tampaknya terkait satu sama lain tentu merupakan temuan yang menarik," katanya lagi.

Studi baru ini memasukkan data dari catatan medis 2.684 wanita berusia antara 40-65 tahun yang melaporkan bahwa mereka mendekati menopause atau pascamenopause selama konsultasi di kampus kesehatan wanita Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, dan Scottsdale, Arizona, antara 2015 dan 2019.

Para peneliti Mayo menganalisis data itu dengan melihat dari dekat riwayat kehamilan dan gejala menopause setiap wanita. Mereka menemukan bahwa 18,7% wanita yang tidak pernah hamil dan hampir 20% dari mereka yang tidak memiliki riwayat hipertensi selama kehamilan dilaporkan mengalami hot flashes yang parah atau sangat parah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)