Waspada! Oral Seks Berisiko Kanker 22 Kali Lipat

Rabu, 27 Januari 2016 - 21:25 WIB
Waspada! Oral Seks Berisiko Kanker 22 Kali Lipat
Waspada! Oral Seks Berisiko Kanker 22 Kali Lipat
A A A
LOS ANGELES - Sebuah penelitian di Albert Einstein College of Medicine, New York, mengungkapkan, bahwa oral seks memicu terjadinya kanker 22 kali lipat. Hal ini disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV).

Seperti diketaui, HPV merupakan salah satu penyebab kanker serviks pada wanita. Namun, jika melakukan oral seks, HPV juga bisa memicu terjadinya kanker di mulut.

Dilansir dari Daily Mail, HPV bisa menyerang kulit dan selaput lembab yang melapisi tubuh. Seperti anus, leher rahim, mulut dan tenggorokan dengan mengubah sel-sel menjadi kanker.

Selain itu, sebuah studi yang dilakukan oleh dokter No-Hee Park dari UCLA menemukan, bahwa sel-sel di daerah mulut secara struktural sama dengan vagina dan leher rahim. HPV tipe 16 dipercaya menjadi salah satu jenis virus yang menyebabkan kanker.

HPV-16 menyebabkan kanker oropharyngeal atau kanker yang terjadi di daerah orofaring (antara mulut dan tenggorokan), seperti langit-langit, pangkal lidah, dan amandel.

Berdasarkan National Health Service (NHS) di Inggris, kanker oropharyngeal lebih banyak terjadi pada pria dibanding wanita. Hal ini disebabkan karena melakukan cunnilingus atau seks oral pada wanita yang lebih berisiko dibanding fellatio atau seks oral pada pria.

Untuk kadar HPV pada vulva, wanita diketahui memiliki kadar yang lebih tinggi dibandingkan penis pria. Meski demikian, terdapat vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks pada wanita.

(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5769 seconds (0.1#10.140)