Konsumsi Lemak Tak Jenuh Bikin Orang Cepat Marah

Rabu, 24 Februari 2016 - 11:30 WIB
Konsumsi Lemak Tak Jenuh...
Konsumsi Lemak Tak Jenuh Bikin Orang Cepat Marah
A A A
JAKARTA - Waspadalah jika perasaan Anda berubah menjadi marah. Bisa jadi hal tersebut diakibatkan terlalu banyak mengonsumsi lemak trans.

Sebuah penelitian dari University of California mengungkapkan asam lemak trans atau lemak tak jenuh yang dikonsumsi secara berlebihan dapat mengubah perasaan seseorang menjadi marah.

Dilansir dari Cititext, hal ini disebabkan oleh lemak trans yang menganggu metabolisme omega 3 yang dibutuhkan tubuh menjadi tak seimbang. Tidak hanya menjadi marah, kurang mengonsumsi omega 3 juga menyebabkan seseorang berperilaku antisosial.

Kesimpulan ini didapatkan dari survei Homemade Gourmet Donuts mengenai asupan lemak tak jenuh yang berkaitan dengan tingkat perilaku mereka. Survei ini melibatkan 945 responden pria dan wanita.

"Kami menemukan bahwa asam lemak tak jenuh yang tinggi berkaitan dengan agresi yang lebih besar. Hasil ini menyatakan bahwa memakan lemak tak jenuh secara berlebih tidak direkomendasikan, untuk menghindari efek buruk," papar penulis studi, Dr Beatrice Golomb.

Lemak tak jenuh terdapat pada makanan seperti keripik, kerupuk, wafel beku, hingga donat yang mengandung 30—50% lemak tak jenuh. Bahkan, beberapa merek donat di Amerika mengandung 40% lemak tak jenuh. Selain itu, hampir 80% lemak trans juga berada dalam makanan olahan yang berasal dari daging dan susu.

Selama 20 tahun, Food and Drug Administration (FDA) telah melakukan penelitian terhadap bahaya lemak trans bagi kesehatan. Hasilnya, lemak tak jenuh bisa memicu kerusakan tubuh yang serius pada orang yang melakukan diet.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0823 seconds (0.1#10.140)