Alicia Vikander Menangkan Kategori Aktris Pendukung Terbaik

Senin, 29 Februari 2016 - 11:11 WIB
Alicia Vikander Menangkan Kategori Aktris Pendukung Terbaik
Alicia Vikander Menangkan Kategori Aktris Pendukung Terbaik
A A A
Piala Oscar untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik akhirnya jatuh ke tangan Alicia Vikander. Piala ini diserahkan di malam penganugerahan Academy Awards ke-88 di Dolby Theater, Los Angeles, California, Minggu (28/2/2016) waktu setempat atau Senin (29/2/2016) waktu Indonesia.

Alicia memenangkan piala ini atas perannya sebagai istri seorang artis transgender di film The Danish Girl. Ini adalah Oscar pertama bagi aktris asal Swedia yang menggebrak pada 2015 dengan membintangi 6 film sekaligus, termasuk Ex Machina dan Testament of Youth.

Dalam pidatonya, Alicia mengucapkan terima kasih kepada orang tuanya, sutradara The Danish Girl Tom Hooper dan Eddie Redmayne—lawan mainnya. “Eddie, terima kasih telah menjadi partner akting terbaik. Anda menaikkan permainan saya,” ujar Alicia seperti dikutip Reuters.

Alicia adalah nominee termuda di kategori ini. Dia berhasil menyingkirkan aktris lain yang lebih berpengalaman, termasuk Kate Winslet, Rachel McAdams dan Jennifer Jason Leigh. Nominee lain di kategori ini adalah Rooney Mara.

Alicia, yang ibunya seorang aktris, memulai karier aktingnya di panggung saat masih anak-anak di Swedia. Dia kemudian menjadi penari balet selama 10 tahun sebelum memutuskan mundur karena cedera dan kembali ke dunia akting.

Dia lalu membintang sejumlah serial televisi dan film. Kali pertama Alicia mendapatkan perhatian internasional adalah perannya sebagai Kitty di Anna Karenina pada 2012.

Bulan lalu, Alicia memenangkan penghargaan Screen Actors Guild dan Critics Choice untuk The Danish Girl. Kemenangannya ini membuka harapannya untuk mendapatkan Oscar.

The Danish Girl berkisah tentang artis Denmark Einar Wegener (Eddie), yang memutuskan untuk hidup sebagai seorang wanita bernama Lili Elbe. Film ini mengangkat kisah cinta yang tidak biasa antara Lili dan istrinya yang selalu mendampinginya, yaitu Gerda Wegener (Alicia).
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7615 seconds (0.1#10.140)