Tak Bisa Bedakan Whoopi Goldberg dan Oprah Winfrey, Perusahaan Ini Di-Bully

Senin, 29 Februari 2016 - 22:30 WIB
Tak Bisa Bedakan Whoopi Goldberg dan Oprah Winfrey, Perusahaan Ini Di-Bully
Tak Bisa Bedakan Whoopi Goldberg dan Oprah Winfrey, Perusahaan Ini Di-Bully
A A A
LOS ANGELES - Siapa yang mengira jika sebuah tato bisa menyebabkan rasa malu yang luar biasa? Dan, inilah yang terjadi pada perusahaan kosmetik, Total Beauty.

Kejadian ini terjadi pada saat berlangsungnya penyerahan penghargaan Oscar pada Minggu (28/2/2016) malam waktu Los Angeles atau Senin (29/2/2016) waktu Indonesia. Situs kosmetik itu berusaha memberikan pujian—dan salah sasaran.

Dalam sebuah kicauan yang mengomentari penampilan selebritas di red carpet Oscar, Total Beauty tidak bisa membedakan antara komedian dan aktris Whoopi Goldberg, 60, dengan media mogul Oprah Winfrey, 62. Saat itu, mereka mengomentari foto Whoopi di red carpet.

Dalam kesempatan itu, Whoopi mengenakan sebuah gaun hitam dengan potongan bahu terbuka. Tato di pundaknya pun terlihat. “Kami tidak tahu mengapa @Oprah punya #tato, dan kami menyukainya…,” tulis akun Total Beauty, yang biasanya memberikan tips kesehatan di situsnya, seperti dikutip CNN.

Di tahun dimana perlakuan Hollywood terhadap masalah rasial sedang tekrena sorotan, reaksi media sosial terhadap blunder itu benar-benar tanpa ampun. Total Beauty memang menghapus kicauan itu, tapi itu sebelum kritikus melontarkan uneg-unegnya.

“Kalian sudah pernah lihat orang kulit hitam sebelumnya?” tanya seorang pengguna Twitter.

Seorang dosen sejarah seni African and African American di UCLA, Steve Nelson, pun turut berbicara. “Kalian tidak bisa memilih tahun yang lebih buruk untuk kesalahan semacam ini. #OscarSoWhite,” tulisnya merujuk pada kontroversi keanekaragaman yang membayangi Oscar.

Total Beauty kemudian meminta maaf atas kejadian itu. “Kami ingin minta maaf kepada Oprah dan Whoopi, dan juga semua orang yang tersinggung atas tweet kami. Ini adalah kesalahan kami dan tidak ada alasan,” tulis mereka.

Mereka lalu menyatakan akan menggunakan kesalahan itu sebagai kesempatan untuk menyumbang USD10.000 kepada yayasan yang dipilih Whoopi dan Oprah.

Bagaimana tanggapan Whoopi dan Oprah? Hingga saat ini, Whoopi belum memberikan komentarnya. Sementara, Oprah sudah memberikan respons.

Di akun Instagramnya, sahabat Oprah, Gayle King, mengunggah foto yang memperlihatkan Oprah terlihat bingung saat memegang handphone dengan foto Whoopi terpampang di layarnya. “Oprah & putri kesayangannya menyaksikan #Oscars & melihat kesalahan @totalbeauty! Kami semua sayang @whoopigoldberg tapi kami semua tidak mirip satu sama lain, Astaga!” tulis Gayle.
Oprah Winfrey
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4413 seconds (0.1#10.140)