Senam Punya Banyak Manfaat untuk Anak Usia PAUD dan TK

Selasa, 01 Maret 2016 - 20:30 WIB
Senam Punya Banyak Manfaat untuk Anak Usia PAUD dan TK
Senam Punya Banyak Manfaat untuk Anak Usia PAUD dan TK
A A A
JAKARTA - Pengamat dan penggiat pendidikan anak usia dini sekaligus founder Kids Republic, Zita Anjani mengatakan, olahraga senam memiliki manfaat besar bagi anak usia dini. Menurut Zita, selain mampu melatih keseimbangan dan kelincahan tubuh, olahraga senam bisa membantu perkembangan motorik anak.

"Secara alami, secara natural pertumbuhan fisik kita lebih lama dibandingkan otak. Otak kita lebih cepat berkembang. Jadi olahraga, aktivitas fisik sangat perlu diperkenalkan sejak usia dini," papar Zita dalam acara Gerakan Mengajar 1000 guru PAUD & TK di Kantor Walikota Jakarta Timur, Selasa (1/3/2016).

Gerakan senam khusus bisa memperkuat otot punggung dan perut. Dengan demikian, anak akan lebih aktif dalam bergerak dan melompat. Namun, gerakan senam harus disesuaikan dengan usia dan tingkat kemampuan si kecil.

Selain itu, kurangnya aktivitas fisik juga bisa menyebabkan berbagai macam masalah, seperti intelektual yang tidak maksimal. "Banyak anak yang punya keterbelakangan pas di cek, ternyata dia kurang olahraga. Anak yang kurang olahraga juga biasanya akan terlambat berjalan dan berdampak pada intelektual anak," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7423 seconds (0.1#10.140)