Pentingnya Membaca Label Makanan Sebelum Membeli

Senin, 07 Maret 2016 - 23:30 WIB
Pentingnya Membaca Label Makanan Sebelum Membeli
Pentingnya Membaca Label Makanan Sebelum Membeli
A A A
JAKARTA - Tidak hanya rasa yang lezat dan kemasan yang menarik, membaca label kemasan produk merupakan hal yang penting dilakukan saat membeli suatu produk. Sayangnya, hal ini masih jarang dilakukan banyak orang.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Roy Sparringa mengungkapkan, membaca informasi dari suatu produk merupakan hal yang penting dilakukan oleh konsumen. Informasi tersebut terdiri dari KIK, yaitu kemasan, izin edar dan kadaluarsa.

"Yang selama ini kita galakkan adalah KIK. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli, cek dulu kemasannya, lihat izin edar dan kapan tanggal kadaluarsanya," papar Roy dalam acara Gerakan Membaca Label bersama BPOM dan Nutricia di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (7/3/2016).

Konsumen harus memastikan kondisi kemasan produk tersebut. Seperti segel yang masih tertutup rapat atau tidak. Menurut Roy, cara ini bisa memastikan kualitas produk tetap terjaga atau terkontaminasi dengan benda lainnya.

Sedangkan untuk izin edar, konsumen harus memastikan bahwa produk yang akan dibeli sudah terdaftar di BPOM. Selain itu, izin edar juga menandakan bahwa produk tersebut aman untuk dikonsumsi.

"Kalau tidak ada izin edar maka bisa dipastikan produk tersebut ilegal. Pastikan produk telah melalui pengawasan dan kontrol dari BPOM jadi terjamin keamanannya," kata Roy.

Sementara untuk tanggal kadaluarsa, Roy menegaskan, idealnya produk yang akan dikonsumsi masih memiliki tanggal kadaluarsa selama beberapa bulan atau tahun ke depan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8062 seconds (0.1#10.140)
pixels