Catat, Pria Lebih Tertarik dengan Wanita Berwajah Sederhana

Minggu, 13 Maret 2016 - 20:10 WIB
Catat, Pria Lebih Tertarik...
Catat, Pria Lebih Tertarik dengan Wanita Berwajah Sederhana
A A A
QUEENSLAND - Wajah sederhana dari seorang wanita ternyata mengundang ketertarikan lebih bagi pria, sebuah studi baru menemukan fakta itu.

Ya, para peneliti meminta orang untuk menilai daya tarik wajah wanita, dan menemukan bahwa wanita dengan wajah 'sederhana' dinilai sebagai lebih menarik.

Studi ini menunjukkan bahwa ini adalah karena wajah sederhana, menjadikan mudah bagi otak kita untuk memprosesnya, dan ini adalah mengapa mereka lebih menyenangkan untuk melihat.

Para peneliti mengembangkan algoritma komputer tentang "model yang kekurangan dari aktivitas sel sederhana dalam korteks visual utama dari manusia ketika meng-coding gambar wajah wanita".

Wajah-wajah yang dinilai paling menarik adalah juga orang-orang yang paling "jarang diberi kode" - yang paling mudah diproses dalam korteks visual.

Usia wanita, kekasaran kulit dan simetri wajah, semua dikendalikan untuk memastikan hasil yang akurat.

Studi ini mengatakan bahwa bagaimana dengan mudah diproses wajah itu "menjelaskan hingga 17 persen dari varian dalam ketarikan itu."

Prof Bill von Hippel, seorang profesor psikologi di University of Queensland mengatakan kepada news.com.au bahwa studi ini, "Meningkatkan kemungkinan bahwa wajah simetris, menghadapi sebuah fitu yang tidak biasa, dianggap sebagai menarik sebagian karena mereka diproses lebih mudah."

Prof van Hippel juga mengatakan bahwa kita dapat tertarik ke sebuah logo dan emoticon yang sama untuk alasan yang sama.

"Kami melihat logo Nike atau kata Coke dan itu diproses dengan mudah berdasarkan keakraban dan yang membuatnya lebih positif," katanya.

"Pikirkan tentang emoticon. Anda memiliki dua titik dan garis melengkung yang segera setiap orang memproses sebagai senyum. Ini jarang, itu biasa. Ini familiar, dan mudah dimengerti."

Studi ini mengatakan bahwa hasil mendukung kemajuan terbaru dalam psikologi dan neuroscience yang, "menunjukkan bahwa preferensi estetika di bagian yang bias persepsi, mendukung rangsangan kode efisien."

Hal ini juga menambahkan bahwa studi ini dapat diartikan bahwa kita tidak memiliki banyak pilihan seperti yang kita suka berpikir ketika datang ke yang kita temukan menarik - otak kita terprogram untuk lebih tertarik pada beberapa wajah dari wajah yang lain.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2428 seconds (0.1#10.140)