Kemenkes RI akan Gelar Germas dan Keluarga Sehat

Jum'at, 01 April 2016 - 01:25 WIB
Kemenkes RI akan Gelar Germas dan Keluarga Sehat
Kemenkes RI akan Gelar Germas dan Keluarga Sehat
A A A
JAKARTA - Menteri kesehatan RI, Prof. dr. Nila F Moeloek, Sp.M(K) membuka Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2016. Acara yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (31/3/2016) ini membicarakan pencapaian serta target berikutnya di bidang kesehatan.

Sebelumnya, untuk memperkuat pelayanan kesehatan primer, Kementerian Kesehatan mengirim tenaga kesehatan ke daerah Nusantara Sehat.

Kini pemerintah akan menggelar program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan Keluarga Sehat.

Germas dan Keluarga Sehat merupakan program kesehatan yang mengharuskan fasilitas kesehatan primer, seperti puskesmas, aktif melakukan pendekatan keluarga.

Di mana tenaga kesehatan tidak menunggu masyarakat untuk datang saat sakit, namun menghampiri masyarakat dan melakukan promosi kesehatan.

"Dari data yang diklaim oleh BPJS ternyata memang penyakit-penyakit katastropik seperti jantung, diabetes, kanker, dan gagal ginjal cukup banyak. Kalau kita tidak menggesernya ke arah preventif promotif masyarakat akan terus menerus terlena menjadi jatuh sakit," papar Menkes Nila dalam acara Rakerkesnas 2016 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Menkes Nila pun berharap, saat ini masyarakat mengunjungi fasilitas kesehatan tidak hanya dalam keadaan sakit, namun rutin untuk memeriksakan kesehatannya.

Nila juga menghimbau kepala dinas kesehatan daerah melakukan upaya promosi kesehatan di masyarakat yang fokus pada tiga kegiatan. Yaitu tingkatkan aktifitas fisik masyarakat, promosikan konsumsi sayur dan buah, serta perkuat cakupan deteksi dini penyakit tidak menular.

"Kalau kita lihat di fasilitas kesehatan primer sekarang orang masih banyak datang dalam keadaan sakit, padahal kita inginnya orang datang dalam keadaan yang sehat dan mengecek kesehatannya. Karena itu road map Kementerian Kesehatan mendorong kembali ke arah pendekatan keluarga," pungkasnya.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6972 seconds (0.1#10.140)