Mudah Terbakar, 20.000 Helai Scarf Putri Donald Trump Ditarik

Kamis, 07 April 2016 - 21:30 WIB
Mudah Terbakar, 20.000 Helai Scarf Putri Donald Trump Ditarik
Mudah Terbakar, 20.000 Helai Scarf Putri Donald Trump Ditarik
A A A
LOS ANGELES - Tak kurang dari 20.000 helai scarf berlabel Ivanka Trump terpaksa ditarik dari peredaran karena terlalu mudah terbakar. Scarf buatan China itu menyebabkan risiko terbakar bagi pemakainya.

Produk yang ditarik itu termasuk scarf dari bahan rayon yang dijual pada Oktober 2014—Januari 2016 di sejumlah department store seperti Lord & Taylor, Century 21 dan TJ Maxx, dan toko online seperti Amazon dan Loehmanns. Scarf itu dibandrol dengan harga USD12—68 (Rp158.000—896.000 dengan kurs saat ini).

Menurut Komisi Keselamatan Konsumen Amerika Serikat (AS), hingga saat ini belum ada laporan terkait terjadinya cedera akibat scarf itu. “Konsumen harus segera berhenti memakai scarf yang ditarik itu dan mengembalikannya ke tempat mereka membelinya untuk mendapatkan refund,” ujar mereka, seperti dikutip Financial Times.

Produk yang ditarik adalah Beach Wave yang berwarna biru, coral dan kuning dan Brushstroke Oblong yang berwarna biru, merah, netral dan hijau. Scarf itu dibuat dari bahan 100% rayon, yang sangat gampang terbakar. Pada produk itu terdapat keliman dan label hitam dengan kata Ivanka Trump dibordir dengan benang perak.
Scarf Ivanka Trump
Penemuan ini tentu saja ironis. Ayah Ivanka, Donald Trump, yang mencalonkan diri sebagai presiden AS dari kubu Republikan, telah mngkritik perusahaan yang memindahkan proses produksinya di luar AS.

Dia bahkan mengancam memberlakukan biaya impor besar terhadap barang asal China jika terpilih menggantikan Barack Obama. Tapi, Trump mengaku jika ada beberapa produknya yang dibuat di luar AS.

Perwakilan merek Ivanka Trump, yang termasuk busana, aksesori dan wewangian, menuturkan kekecewaan mereka atas penarikan produk mereka itu. Meski begitu, mereka menegaskan telah mengambil langkah pemulihan. “Kami melihatnya sebagi masalah yang harus segera diselesaikan,” kata seorang juru bicara merek Ivanka Trump dalam sebuah email yang dikutip Daily Mail.

Menurut Robert Lawrence, seorang dosen Harvard yang menganalisa produk Trump mana yang dibuat di luar negeri, sebagian besar produk Ivanka tidak dibuat di AS. Dari 832 item busana dan aksesori yang dijual Ivanka, 628 di antaranya diimpor dan 354 di antaranya dibuat di China.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7470 seconds (0.1#10.140)