Sungailiat Triathlon 2016 Digelar di Bangka Akhir Pekan Ini

Kamis, 21 April 2016 - 10:15 WIB
Sungailiat Triathlon 2016 Digelar di Bangka Akhir Pekan Ini
Sungailiat Triathlon 2016 Digelar di Bangka Akhir Pekan Ini
A A A
JAKARTA - Setelah sukses diselenggarakan selama tiga kali pada tahun lalu, Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel) tahun ini kembali menyelenggarakan ajang wisata olahraga (sport tourism) bertajuk Sungailiat Triathlon 2016. Acara ini akan berlangsung di Kota Sungailiat pada 23 April 2016 mendatang.

Penyelenggaraan ajang wisata olahraga yang memadukan olahraga renang, bersepeda, dan marathon (triathlon) tersebut digelar sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Bangka. Acara ini juga sekaligus mendukung program pariwisata nasional Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia dalam mencapai target kunjungan 12 juta wisatawan mancanegara dan 260 juta pergerakan wisatawan nusantara di Tanah Air pada tahun ini.

“Ada sekitar 1.200 wisatawan nusantara dan 400 wisatawan mancanegara yang datang ke Bangka untuk menyaksikan event ini. Kedatangan wisatawan tersebut akan menggairahkan perekonomian masyarakat serta mendongkrak pariwisata Kabupaten Bangka dan Babel pada umumnya,” papar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya ketika ditemui di acara peluncuran Sungailiat Triathlon 2016 di Balairung Soesilo Soedarman Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Menurut Arief, pariwisata di Pulau Bangka dan Belitung memiliki 3A yaitu aksesibilitas, amenitas dan atraksi yang bagus dan mempunyai banyak keunggulan. Pantainya berpasir putih, laut jernih, pemandangan bawah laut yang indah, pulau-pulau sekitar menawan dan orang sering menyebutkan sebagai Maladewa-nya (Maldive) Indonesia. “Selain itu juga sebagai destinasi yacht yang ideal, karena dari Singapura, Batam, Bintan melalui Selat Karimata tidak terlalu jauh sehingga bisa bolak-balik berlayar dari dan ke Singapura. Melalui udara, hanya 45 menit penerbangan ke Soekarno-Hatta Jakarta sebagai pasar potensial,” imbuh Arief.

Sementara itu, Bupati Bangka H. Tarmizi H.Saat mengatakan bahwa penyelenggaraan Sungailiat Triathlon ini telah dimulai sejak tahun 2013. Pada penyelenggaraan ke-4 di tahun ini bertepatan pula dalam menyambut HUT Kota Sungailiat yang ke-250.

“Kita ingin mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Bangka. Oleh karena itu, rute dalam triathlon ini akan melewati objek wisata unggulan antara lain Pantai Teluk Uber, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Tikus, Puri Tri Agung, Agro Wisata Rebo, Pantai Rebo, Pantai Mang Kalok, Pantai Air Anyir, dan Pantai Temberan,” tutur dia.

Menurut Tarmizi, animo masyarakat khususnya dari komunitas triathlon di Indonesia maupun regional Asia Pasifik untuk ikut dalam Sungailiat Triathlon 2016 ini cukup tinggi karena sudah sebanyak 425 peserta dari 18 negara yang ikut dalam ajang ini. Sedangkan pengumuman dan promosi di website (www.SungailiatTriathlon.com) sejak dibuka pada 2 Februari 2016 hingga per 30 Maret 2016 telah dilihat sebanyak 12.730 kali oleh pengunjung dari 34 negara.

Sungailiat Triathlon 2016 membuka kategori jarak 7,3 secara resmi sebagai salah satu dari dua daerah di Indonesia yang menyelenggarakan kategori serupa yakni long distance (1,9 km swim, 90 km bike, 21,1 km run), standart dan standart relay (1,5 km swim, 40 km bike, 10 km run) dan sprint (750 m swim, 20 km bike, 5 km run). Sementara itu, untuk memeriahkan event tersebut digelar pula pertunjukan kesenian daerah, acara Nganggung atau Sepintu Sedulang atau makan bersama dilakukan masyarakat Bangka, bazaar, festival kuliner khas Bangka, dan press tour.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6911 seconds (0.1#10.140)