Bangka Ingin Perkenalkan Wisata Lewat Sungailiat Triathlon 2016

Jum'at, 22 April 2016 - 21:44 WIB
Bangka Ingin Perkenalkan Wisata Lewat Sungailiat Triathlon 2016
Bangka Ingin Perkenalkan Wisata Lewat Sungailiat Triathlon 2016
A A A
BANGKA - Jika pulau Belitung kini semakin terkenal sebagai objek wisata yang indah sejak adanya film Laskar Pelangi, pulau Bangka yang masih menjadi satu kesatuan dengan Belitung ternyata masih belum dikenal oleh para wisatawan asing dan bahkan oleh wisatawan lokal. Padahal, Bangka merupakan pulau penghasil timah terbesar di Indonesia.

"Bangka itu pulau penghasil timah nomor satu di Indonesia. Nah, sekarang bagaimana caranya pariwisata di sini harus bisa menggantikan timah yang merupakan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Kalau yang mengenal Belitung sudah banyak, tapi Bangka seperti belum terekspos padahal Bangka dan Belitung adalah satu kesatuan. Ini memang pekerjaan berat," papar Teddy Sudarsono, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka ketika ditemui di acara Press Tour Bangka 2016, Sungailiat, Bangka, Jumat (22/4/2016).

Teddy menjelaskan, Bangka juga memiliki potensi natural yang tidak kalah mengagumkan dengan destinasi wisata lainnya. Pantai-pantai di pulau Bangka selalu dihiasi dengan bebatuan granit yang indah. Sayangnya, kesadaran dari masyarakat Bangka sendiri yang masih belum gencar mempromosikan pulau Bangka.

"Potensi kami kebanyakan natural dengan deretan pantai dan keunggulan pantai kami selalu dihiasi dengan granit. Namun salah satu kendala kami adalah dukungan dari semua pihak belum begitu penuh. Karakter masyarakat kami juga belum terbiasa menerima wisatawan luar. Mereka belum menangkap itu sebagai momen yang mendatangkan keuntungan," tutur Teddy.

Menyadari hal ini Teddy mengungkapkan telah melakukan beberapa upaya untuk memajukan pulau Bangka khususnya di bidang pariwisata. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan kembali menggelar Sungailiat Triathlon yang merupakan kegiatan berwisata yang dipadu dengan olahraga renang, bersepeda, dan lari marathon. Acara ini juga sekaligus dalam rangka merayakan hari jadi Kota Sungailiat yang ke-250.

"Kami telah berupaya dengan membuat desa wisata dan mendirikan homestay untuk para wisatawan yang juga dapat menguntungkan masyarakat kami. Karena menjadikan Bangka sebagai destinasi wisata adalah prioritas Kemenpar. Seperti dengan diadakannya event Triathlon ini yang diharapkan dapat menjadi pintu pembuka dunia. Soalnya masih banyak yang nggak tahu Bangka termasuk wisatawan domestik," ujar dia.

Sungailiat Triathlon 2016 akan berlangsung di Kota Sungailiat pada Sabtu (23/4/2016). Event ini membuka kategori jarak 7,3 secara resmi sebagai salah satu dari dua daerah di Indonesia yang menyelenggarakan kategori serupa yakni long distance (1,9 km swim, 90 km bike, 21,1 km run), standart dan standart relay (1,5 km swim, 40 km bike, 10 km run) dan sprint (750 m swim, 20 km bike, 5 km run).
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4789 seconds (0.1#10.140)