Hasil Penelitian: 90% Kasus Kanker Tak Terkait Gen

Selasa, 26 April 2016 - 14:15 WIB
Hasil Penelitian: 90%...
Hasil Penelitian: 90% Kasus Kanker Tak Terkait Gen
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa penyakit kanker bisa dicegah. Pasalnya, 70—90% kanker tidak berkaitan dengan gen ataupun nasib.

Penelitian yang dipimpin oleh peneliti dari Stony Brook University ini menemukan bahwa sebanyak 70—90% kanker disebabkan oleh hal yang disebut ekstrinsik atau faktor eksternal. Mulai dari kebiasaan gaya hidup serta paparan lingkungan.

Dilansir dari Prevention, penelitian yang menganalisis ulang data yang dirilis tahun lalu oleh ilmuwan Johns Hopkins ini menemukan sekitar dua pertiga risiko kanker disebabkan oleh mutasi sel secara acak yang tak diketahui sebabnya atau tergantung nasib.

"Kanker terjadi karena nasib. Kami yakin bahwa itu tidaklah benar dan kami sangat yakin dengan data yang kami miliki," papar penulis peneliti senior, Yusuf Hannun, MD.

Sayangnya, tidak semua faktor risiko ekstrinsik mudah untuk dikontrol. "Setiap orang tentu tahu tentang hubungan merokok dengan risiko kanker, jadi harapannya adalah Anda tidak merokok atau berhenti merokok," kata dia.

Agar terhindar dari kanker dan tetap sehat, Hannun menyarankan untuk menjaga berat badan, membatasi konsumsi alkohol dalam jumlah moderat, mengonsumsi makanan sehat dan menggunakan tabir surya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)