Tiga Faktor Utama Penyebab Rambut Rontok hingga Botak

Jum'at, 29 April 2016 - 14:44 WIB
Tiga Faktor Utama Penyebab Rambut Rontok hingga Botak
Tiga Faktor Utama Penyebab Rambut Rontok hingga Botak
A A A
JAKARTA - Memiliki rambut yang tebal, hitam dan berkilau merupakan idaman banyak orang. Sayangnya, tak semua orang bisa memiliki rambut yang diinginkan.

Pasalnya, dengan bertambahnya usia dan beberapa penyebab lainnya, rambut menjadi mudah rontok, hingga botak. Umumnya, hal ini disebabkan oleh kondisi yang disebut androgenetic alopecia (AGA).

Dilansir dari Miami Herald, AGA merupakan kondisi yang dipicu oleh faktor keturunan dan folikel rambut lebih sensitif pada DHT yang dihasilkan oleh hormon testosteron. Pada kasus AGA, DHT membuat folikel menyusut dan berhenti memproduksi rambut.

Pada wanita, hormon testosteron dan estrogen memiliki peran besar pada ketebalan dan kerontokan rambut. Contohnya, rambut akan menjadi lebih tebal ketika hormon estrogen meningkat selama kehamilan. Tak heran jika banyak wanita mengalami kerontokan rambut setelah persalinan, karena kadar hormon yang kembali normal.

Selain itu, kista ovarium, kontrasepsi pil dan menopause juga bisa mengganggu keseimbangan hormonal dan menyebabkan perubahan pada rambut. Para peneliti juga menyebutkan, bahwa gangguan tiroid, anemia, kekurangan vitamin, penyakit autoimun hingga obat-obatan tertentu juga menjadi penyebab rambut rontok.

Sementara dari segi fashion, kebiasaan menata rambut yang tidak tepat, seperti pelurusan, bleaching dan mengikat rambut dengan ketat dengan waktu yang lama, juga bisa menyebabkan rambut rontok. Meski demikian, kehilangan 50—150 helai rambut setiap hari merupakan hal yang normal.

Selain faktor di atas, Anda juga harus melihat apakah orang tua atau keluarga terdekat mengalami hal yang sama. Jika, ia kemungkinan Anda juga bisa mengalami kebotakan. Sayangnya, hingga saat ini belum ada terapi yang efektif bisa mengatasi kebotakan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5665 seconds (0.1#10.140)
pixels