Punya Banyak Teman Bantu Atasi Rasa Nyeri di Tubuh

Selasa, 10 Mei 2016 - 17:30 WIB
Punya Banyak Teman Bantu Atasi Rasa Nyeri di Tubuh
Punya Banyak Teman Bantu Atasi Rasa Nyeri di Tubuh
A A A
JAKARTA - Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports mengungkapkan, bahwa memiliki banyak teman baik untuk kesehatan. Salah satunya, tahan akan serangan penyakit.

Studi ini melibatkan 101 responden sehat untuk menanyakan berapa banyak teman dekat yang dimiliki. Teman dekat yang dimaksud adalah seseorang yang dianggap dekat dan berbincang paling tidak seminggu sekali. Sementara teman lainnya melakukan kontak satu bulan sekali.

Responden diminta melakukan wall sit. Di mana punggung mereka harus menempel pada dinding dengan kaki seperti duduk menekuk 90 derajat. Dilansir dari Time, cara ini bertujuan untuk mengetahui toleransi nyeri pada tubuh.

Hasilnya, responden yang memiliki lebih banyak teman bertahan lebih lama pada posisi tersebut. Peneliti menilai, hal ini disebabkan oleh aktivitas endorfin dalam tubuh lebih kuat.

Sementara, studi sebelumnya mengungkapkan, bahwa endorfin juga bisa terkait dengan ikatan sosial. Hal ini pun memungkinkan seseorang untuk memiliki hubungan sosial yang kuat dan memiliki toleransi rasa nyeri yang tinggi.

"Berdasarkan apa yang kami temukan dalam penelitian, untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental diperlukan hubungan sosial yang baik. Ketika memiliki rasa terhubung dengan orang lain, kemampuan kita dalam mengatasi nyeri juga lebih baik," ujar pemimpin studi dari University of Oxford, Inggris, Katerina Johnson.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5996 seconds (0.1#10.140)