KDRT yang Dialami Nindy Ayunda Toxic Relationship, Dampaknya ke Lima Hal Ini

loading...
KDRT yang Dialami Nindy Ayunda Toxic Relationship, Dampaknya ke Lima Hal Ini
Nindy Ayunda mengungkapkan kekerasan rumah tangga yang dialaminya. Foto/Okezone/Adiyoda Priambodo
JAKARTA - Penyanyi Nindy Ayunda kemarin mengungkap kasus kekerasan dalam rumah tangga ( KDRT ) yang dialaminya selama menjalani biduk pernikahan dengan Askara Parasady Harsono. Nindy memperlihatkan sejumlah bukti kekerasan fisik yang dialami seperti luka lebam hingga rambutnya yang rontok. KDRT merupakan salah satu tanda toxic relationship.

Menurut Nindy, kerontokan dikarenakan rambutnya dijambak oleh Aska yang dianggapnya sosok temperamental. Tak pelak, Nindy merasa tidak tenang dan selalu dihantui ketakutan.

Baca Juga: Rekan Band Digugat Cerai Istri, Nissa Sabyan Dituduh Jadi Pelakornya

Apa yang dialami Nindy termasuk toxic relationship atau hubungan beracun, yang menggambarkan hubungan tidak sehat yang dapat menyerang fisik maupun mental orang yang menjadi korban dalam hubungan tersebut. Hal ini ditegaskan oleh Shahida Arabi, MA, penulis buku best seller Power: Surviving and Thriving After Narcissistic Abuse.



“Toxic relationships bukan hanya memengaruhi pikiran dan jiwa, tapi juga tubuh. Hal-hal ini memengaruhi kesejahteraan fisik kita,” ungkapnya, seperti dikutip dari The Thirty.

Menurut Arabi, banyak orang mengatakan kepadanya bahwa mereka mengalami isu kesehatan akibat dari toxic relationship. Seperti bertambah atau turunnya berat badan, susah tidur, bahkan mengidap gangguan kesehatan kronis sebagai dampak dari stres. Sebagian juga ada yang menderita depresi dan kecemasan. Akibatnya berpengaruh terhadap fisik maupun imunitas tubuh.

Cara yang paling efektif untuk menghindari hubungan ini adalah dengan membatasi akses yang dapat menjangkau Anda, mengingat kekerasan emosional jangka panjang berhubungan dengan kesehatan mental seperti serangan panik, kecemasan, hingga depresi.



Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh toxic relationship pada kesehatan, Josh Axe, DC, DNM, CNS, pendiri Ancient Nutrition dan DrAxe.com, menjelaskan secara gamblang. Berikut pengaruh hubungan beracun pada seseorang.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top