7 Tips Packing saat Berlibur agar Tidak Kena Biaya Bagasi

Sabtu, 14 Mei 2016 - 10:01 WIB
7 Tips Packing saat Berlibur agar Tidak Kena Biaya Bagasi
7 Tips Packing saat Berlibur agar Tidak Kena Biaya Bagasi
A A A
JAKARTA - Berpergian menggunakan transportasi umum, seperti pesawat dinilai lebih efisien dan tidak melelahkan dibandingkan membawa kendaraan sendiri. Namun, agar perjalanan Anda nyaman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Salah satunya mengenai bagasi maskapai. Pasalnya, bagasi yang berlebih mengharuskan Anda membayar sejumlah biaya bagasi ekstra yang sudah ditentukan oleh maskapai. Guna menghindari hal tersebut, Anda harus packing dengan pintar.

Berikut tips packing yang tepat agar terhindar dari biaya akibat kelebihan bagasi yang dikutip dari Skyscanner.

1. Packing untuk pergi dan pulang
Anda harus mengingat bahwa packing tidak hanya untuk pergi, tapi juga untuk pulang. Jika memungkinkan, bawalah barang yang lebih sedikit dan lebih ringan ketika Anda akan pulang. Jangan membeli sesuatu di daerah tujuan yang akan menambah beban bagasi Anda, terlebih lagi bila ternyata barang tersebut tidak diperlukan.

2. Bawa barang yang diperlukan
Membawa barang yang pada akhirnya tidak diperlukan kerap menjadi masalah utama banyak orang. Membawa barang yang tidak digunakan, bisa menyebabkan kelebihan berat bagasi. Alat mandi dan hairdryer seringkali tersedia di penginapan. Jika itu bukan kebutuhan khusus, lebih baik tidak membawanya.

3. Packing sambil menimbang
Pastikan Anda selalu packing di atas timbangan. Dengan demikian, Anda akan tahu seberapa berat bagasi yang diambil dan mempertimbangkan barang apa saja yang masih bisa dibawa dan tidak.

4. Masukkan semua ke koper
Memasukkan semua barang ke koper membuat Anda tidak perlu membawa beban berat ke dalam kabin pesawat. Hampir setiap maskapai membolehkan Anda untuk membawa tas atau barang bawaan pribadi seberat maksimal 7 kilogram. Manfaatkan dengan baik ketentuan ini. Pasalnya, membawa barang bawaan saat di kabin lebih baik dari pada membayar biaya bagasi ekstra.

5. Membeli baju di daerah tujuan
Membeli baju di daerah tujuan, akan meringankan koper Anda. Anda cukup membawa sedikit baju dari rumah dan membeli sisanya di tempat tujuan. Dengan demikian Anda bisa menghemat biaya bagasi saat berangkat. Trik ini juga bisa menghemat berat bagasi juga.

6. Kirim oleh-oleh
Anda harus membeli oleh-oleh di daerah tujuan untuk dibawa pulang, tapi tidak ingin menambah biaya bagasi yang cukup mahal? Anda bisa mengirimnya. Biaya pengiriman melalui pos atau kurir logistik umumnya lebih murah dibandingkan Anda membawa sendiri dan membayar biaya bagasi di bandara.

7. Menggunakan pakaian yang cukup tebal
Packing tidak hanya bagaimana cara agar beban koper tidak berlebihan dan tidak ada ruang yang terbuang di dalamnya. Namun juga menyiasati memakai apa yang bisa langsung dipakai. Misalnya memakai celana jins dan sweater atau jaket yang cukup tebal. Cara ini tidak hanya membuat barang yang dibawa menjadi sedikit, tapi juga mengurangi beban bawaan.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0198 seconds (0.1#10.140)