Resep Selai Sehat untuk Sarapan Nikmat

Selasa, 24 Mei 2016 - 06:15 WIB
Resep Selai Sehat untuk Sarapan Nikmat
Resep Selai Sehat untuk Sarapan Nikmat
A A A
JAKARTA - Olesan roti atau selai yang biasa ditemui di toko ataupun supermarket biasanya memiliki rasa yang begitu manis karena komposisi gula yang selalu lebih besar dari bahan utamanya seperti cokelat, kacang, atau buah-buahan.

Untuk mendapatkan selai yang sehat dan nikmat dengan komposisi seimbang, ada baiknya Anda membuat selai sendiri di rumah. Resep dari Taste.com.au yang satu ini memberikan Anda inspirasi untuk membuat selai cokelat kacang yang dapat dinikmati bersama roti tawar sebagai menu sarapan Anda. Selamat mencoba!

Bahan-bahan:
250 gram kacang macadamia yang telah dikupas (bisa diganti dengan kacang almond atau hazelnut)
1/2 sendok teh ekstrak vanili
40 gram bubuk kakao, ayak
90 gram icing sugar, ayak

Cara membuat:
Panaskan oven sampai 180C. Siapkan loyang kemudian lapisi dengan kertas roti. Letakkan kacang macadamia ke dalam loyang kemudian panggang selama 5 menit atau sampai berwarna keemasan. Setelah itu, diamkan selama 20 menit.

Menggunakan food processor, haluskan macadamia sampai berbentuk pasta halus. Jangan lupa sesekali mengaduk selai selama proses penghalusan. Tambahkan vanilla, coklat bubuk, dan gula icing. Proses kembali sampai semua bahan tercampur rata dan selai bertekstur halus.

Tuangkan selai ke wadah kedap udara. Diamkan sebentar, kemudian dinginkan selama semalam atau sampai kental dan bertesktur layaknya selai. Patikan untuk selalu menyimpan selai di dalam lemari es agar selai dapat bertahan hingga kurang lebih tiga minggu.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7921 seconds (0.1#10.140)