Sebelum Gunakan Pil KB, Lakukan Medical Check Up

Rabu, 25 Mei 2016 - 17:20 WIB
Sebelum Gunakan Pil KB, Lakukan Medical Check Up
Sebelum Gunakan Pil KB, Lakukan Medical Check Up
A A A
JAKARTA - Pil KB menjadi salah satu pilihan alat kontrasepsi, guna memberikan perlindungan dari terjadinya kehamilan. Namun, sebelum menggunakan pil KB pastikan Anda melakukan medical check up (MCU).

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, dr. Boy Abidin, SpOG (K) menjelaskan, bahwa medical check up sebelum menggunakan pil KB merupakan suatu keharusan.

"Prinsipnya menggunakan pil KB hormonal memasukan zat kimia ke dalam tubuh. Dengan MCU, kita bisa memastikan ginjal dan hati bisa melakukan tugasnya dengan baik. Karena memang ada beberapa orang yang tidak diizinkan untuk menggunakan pil KB," papar dr Boy saat ditemui Sindonews di Hotel DoubleTree, Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Menurut dr Boy, medical check up seharusnya dilakukan satu tahun sekali. Sementara, wanita yang menggunakan pil KB tidak melakukan medical check up, bisa menyebabkan berbagai macam hal. Meski demikian akibat yang ditimbulkan tidak terlalu fatal.

Namun pada beberapa orang dengan kondisi tertentu bisa mengalami gangguan pada hati. Biasanya, hal ini terjadi karena adanya faktor penyerta lain. Seperti orang dengan konsumsi obat tertentu.

"Justru itu kan dosisnya kita tekan tanpa mengurangi efektivitasnya. Lagi pula kan batasan penggunaan pil KB juga tidak ada maksimal digunakan sampai berapa tahun kok. Kembali ke masing-masing individu," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4817 seconds (0.1#10.140)
pixels