Jaga Kesehatan Reproduksi, Ini Tips Mudahnya

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 20:15 WIB
loading...
Jaga Kesehatan Reproduksi, Ini Tips Mudahnya
Ririn Ekawati dan Wulan Guritno ikut mengampanyekan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Salah satu cara untuk menjaga kesehatan reproduksi adalah dengan merawat kebersihan area kewanitaan. Jika tak ditangani dengan baik, area sensitif ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan reproduksi seperti keputihan, iritasi, dan infeksi saluran kemih.

Spesialis Kandungan dr. Cynthia A. Susanto, BMedSc, Sp.OG dalam webinar yang diselenggarakan Andalan Feminine Care menjelaskan, keputihan merupakan salah satu permasalahan kesehatan reproduksi yang paling sering dialami oleh perempuan.



Ada dua macam keputihan, kata dr. Cynthia. Pertama tipe fisiologis yang disebabkan kondisi fisik tertentu seperti menjelang dan sesudah menstruasi serta menjelang ovulasi. Dan kedua, tipe patologis.

"Tipe patologis dikarenakan adanya infeksi seperti candidiasis atau bacterial vaginosis, trichomonas, hingga gonorrhea akibat perempuan tidak menjaga kesehatan reproduksinya," jelas dr. Cynthia.

Sisilism selaku Sexual Health Activist & Educator lalu menjelaskan beberapa tips praktis untuk menjaga kesehatan reproduksi bagi perempuan. Yaitu on daily basis, pada saat selesai buang air, usap berulang dari pubic menuju perineum (bukan sebaliknya) dan bersihkan anus secara terpisah.

Kemudian, bersihkan sekresi cairan di bagian vulva dan menjaganya untuk tidak lembab serta mempertahankan pH-nya agar seimbang. Apabila perlu, gunakan feminine wash khusus ketika dibutuhkan. Pilih yang tidak terlalu keras dan sudah teruji klinis. Keringkan dengan handuk atau tisu yang lembut setiap habis buang air atau setelah mandi.

Menjawab kebutuhan produk feminine hygiene yang ideal, Marketing Manager DKT Indonesia Cut Vellayati memperkenalkan produk Andalan Feminine Care Intimate Wash yang lebih segar.

“Kami menghadirkan rangkaian produk Andalan Feminine Care Intimate Wash dengan wajah baru yang lebih fresh dan modern sebagai pembersih area kewanitaan bagi para perempuan aktif dan modern yang dapat membuat perempuan #worryVree karena terbebas dari berbagai permasalahan kebersihan area kewanitaan," ujar Cut Vellayati.



Mengiringi pengenalan produk ini sekaligus untuk mengajak perempuan terus bergerak dan menjalani aktivitas fisik yang sehat, Andalan Feminine Care menyelenggarakan kompetisi #MelangkahBersamaAndalan. Kompetisi ini menantang perempuan untuk melakukan 10 ribu langkah tiap hari demi menjaga kesehatan fisik.

“Kompetisi yang kami buat sampai 30 September 2021 ini ternyata menuai respons positif. Banyak sekali yang berpartisipasi. Harapannya ini bisa menambah edukasi tentang kesehatan reproduksi untuk perempuan Indonesia,” kata Cut Vellayati.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)