Awas! Hipertensi Juga Bisa Menyerang Anak-anak

Kamis, 26 Mei 2016 - 07:50 WIB
Awas! Hipertensi Juga Bisa Menyerang Anak-anak
Awas! Hipertensi Juga Bisa Menyerang Anak-anak
A A A
JAKARTA - Data World Health Organization (WHO) mengungkapkan, bahwa penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi di dunia pada tahun 2011 tercatat sebesar 1 miliar orang. Setiap tahunnya, 8 juta orang meninggal karena hipertensi.

Sementara, Riset Kesehatan Dasar atau Riskesdas pada tahun 2013, mencatat sebesar 25,8% penduduk Indonesia menderita hipertensi. Parahnya, hipertensi juga bisa diderita oleh anak-anak.

"Banyak orang menganggap bahwa hipertensi hanya ditemukan pada orang dewasa. Padahal peningkatan insidens hipertensi dewasa sebagian besar justru terjadi karena tidak dilakukannya deteksi dini pada masa kanak-kanak," papar pakar hipertensi dan salah seorang pendiri InaSH, dr. Arieska Ann Soenarta, SpJP(K), FIHA, di Jakarta.

Tak hanya itu, dr Arieska mengatakan bahwa penyakit ini juga bisa menyerang bayi yang baru lahir. Hal ini disebabkan adanya gumpalan darah di ginjal atau renal artery thrombosis.

"Faktor hipertensi pada anak disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya kegemukan akibat perubahan gaya hidup yang kurang aktif. Mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan garam. Serta stres pada masa remaja," ujarnya.

Agar tetap sehat dan terhindar dari hipertensi, dr Arieska menyarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah. Cara ini pun bisa dilakukan sejak anak berusia tiga tahun. Sementara, untuk pengobatan hipertensi pada anak, bisa dilakukan dengan cara nonfarmakologis dan farmakologis.

"Nonfarmakologis dengan cara mengubah gaya hidup seperti penurunan berat badan, diet rendah lemak dan garam, olahraga secara teratur. Sedangkan farmakologis pemberian obat anti hipertensi kepada anak sesuai dengan anjuran dokter. Pengobatan ini harus disesuaikan dengan usia anak, hipertensi dan respons pengobatan," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5259 seconds (0.1#10.140)