Bolehkah Mengonsumsi Cabai Saat Puasa?

Jum'at, 27 Mei 2016 - 14:20 WIB
Bolehkah Mengonsumsi Cabai Saat Puasa?
Bolehkah Mengonsumsi Cabai Saat Puasa?
A A A
JAKARTA - Bagi pecinta makanan pedas, rasanya tak lengkap jika tidak mengonsumsi cabai saat makan. Namun, bolehkah mengonsumsi cabai saat berpuasa?

Pakar Kesehatan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB mengatakan, cabai boleh dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Pasalnya, cabai mengandung serat yang tinggi, vitamin C, vitamin A, mineral, dan antioksidan.

"Cabai dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga proses pembakaran kalori lebih baik. Selain itu, sifat analgetik pada cabai dapat membantu mengurangi rasa sakit kepala," papar Dr Ari di Jakarta.

Kaya akan kandungan yang bermanfaat, tentunya cabai baik untuk kesehatan. Meski demikian, Dr Ari menyarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

"Cabai justru akan membantu buang air besar yang terkadang sulit saat kita berpuasa karena kurangnya konsumsi air. Vitamin dan mineral yang terdapat dalam cabai itu yang kita butuhkan saat berpuasa. Kandungan tersebut juga bisa menghilangkan rasa pegal dan sakit kepala yang kerap muncul saat tubuh merasa lelah," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6841 seconds (0.1#10.140)