Sering Lupa Minum Pil KB? Coba Pakai Rumus Sederhana Ini!

Minggu, 29 Mei 2016 - 16:30 WIB
Sering Lupa Minum Pil...
Sering Lupa Minum Pil KB? Coba Pakai Rumus Sederhana Ini!
A A A
JAKARTA - Guna mencegah kehamilan, pil KB dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari secara rutin di jam yang sama. Sayangnya, dengan berbagai alasan sejumlah wanita kerap lupa mengonsumsi pil KB mereka.

Namun, Anda pun tak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan rumus 12 jam. Dokter spesialis obstetri dan ginekologi Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, dr. Boy Abidin, SpOG (K) mengatakan, rumus tersebut bisa digunakan ketika wanita lupa mengonsumsi pil KB.

"Kalau belum lewat 12 jam, langsung minum satu pil yang kelupaan tadi, kemudian minum lagi satu sesuai jadwal normal. Misalnya biasa minum jam 9 pagi, terus baru ingat jam 5 sore. Langsung minum saat itu juga satu, terus besok jam 9 paginya minum lagi sesuai jadwal," papar dr Boy.

Selain mengonsumsi pil KB secara dobel, dr Boy juga menyarankan untuk minum pil KB di jam berikutnya sesuai aturan. Namun, Anda harus menambahnya dengan menggunakan kontrasepsi lain seperti kondom atau tidak berhubungan seks terlebih dahulu.

Sementara, jika lupa mengonsumsi pil KB lebih dari 24 jam dari jam biasa, pil KB bisa diminum secara dobel. Namun, ada efek samping yang akan dirasakan, yaitu mual. Alternatif lainnya adalah, dengan drop out atau mengonsumsi pil KB kembali dari awal.

"Kalau di-drop out berarti ulang. Tunggu saja sampai dia haid kemudian dia mulai kemasan yang baru lagi. Biasanya setelah di-drop out akan terjadi perdarahan kemudian selesai perdarahan, lanjut dengan kemasan yang baru," pungkasnya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.3276 seconds (0.1#10.140)