Gunakan Cara 3B Ajarkan Puasa kepada Anak

Senin, 30 Mei 2016 - 11:17 WIB
Gunakan Cara 3B Ajarkan Puasa kepada Anak
Gunakan Cara 3B Ajarkan Puasa kepada Anak
A A A
JAKARTA - Menanamkan kebiasaan sejak dini untuk berpuasa kepada anak memang tidaklah gampang. Orang Tua harus lebih bersabar untuk mengajarkan berpuasa kepada anak.

Lalu bagamana cara mengajarkan puasa kepada anak dengan baik? Menurut Psikolog dan Pendiri Yayasan Kita dan Buah Hati Elly Risma mengajarkan anak berpuasa harus dengan menyenangkan dengan cara 3B (Bercerita, Bermain dan Bernyanyi).

"Harus diikuti tahap perkembangan. Jangan terlalu dituntut. Mengasuh anak harus berdasarkan prinsip. Pakai cara 3B. (Bercerita, Bermain dan Bernyanyi)," ujar Elly Risma kepada Sindonews.

Lebih lanjut Ia mengatakan untuk bercerita, orang tua harus bisa memberikan kisah-kisah nabi yang menyenangkan. Dan tidak membuatnya terbebani.

"Ngarang aja, bisa cerita tentang semuanya yang menyenangkan bisa cerita-cerita tentang nabi. Cara menyenangkan lewat perasaan, kata kunci itu suka bukan pasti. Kalau bermain kita ajak bermain, biar dia berimajinasi sendiri," katanya.

Ia menekankan bahwa jangan pernah menargetkan usia anak diwajibkan puasa. Namun memberikan pondasi agar membuat anak merasa mudah berpuasa.

"Jangan terlalu ditargetkan sih. Asal pondasi nyusunnya bagus aja," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4193 seconds (0.1#10.140)