Kurangi Rasa Lapar dengan Berolahraga

Jum'at, 03 Juni 2016 - 06:15 WIB
Kurangi Rasa Lapar dengan Berolahraga
Kurangi Rasa Lapar dengan Berolahraga
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa olahraga tak hanya menyehatkan tubuh, namun juga bisa mengurangi rasa lapar. Hal ini diungkapkan oleh penelitian yang dilakukan oleh University of Alabama Birmingham.

Dilansir dari Women's Health, penelitian ini melibatkan 38 pelajar yang baru saja melakukan ujian ke dalam dua grup. Grup pertama diberi waktu 15 menit untuk beristirahat, sedangkan grup kedua langsung melakukan olahraga berat.

Selanjutnya, peneliti memberikan makanan pizza kepada pelajar tersebut. Hasil penelitian ini pun menunjukkan, bahwa responden yang berada di grup pertama memakan 100 gram pizza lebih banyak dibandingkan mereka yang berolahraga.

Pemimpin penelitian ini, William H. Neumeier, Ph.D menjelaskan, bahwa akibat tak banyak bergerak pada kelompok pertama memicu terjadinya fluktuasi gula darah dan insulin.

"Fluktuasi tersebut mungkin memberi sinyal pada otak bahwa tubuh perlu energi, sehingga mereka makan lebih banyak," papar William.

Lanjut William menjelaskan, olahraga menyediakan energi pada otak dalam bentuk glukosa dan laktase. Selain itu, olahraga juga bisa memengaruhi hormon lapar dan kenyang sehingga mengurangi nafsu makan serta dapat menyegarkan kerja mental.

Cara ini pun dipercaya bisa ampuh digunakan pada mereka yang ingin menurunkan berat badan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7521 seconds (0.1#10.140)