Olahraga Saat Puasa Bisa Turunkan Berat Badan?

Jum'at, 03 Juni 2016 - 12:25 WIB
Olahraga Saat Puasa Bisa Turunkan Berat Badan?
Olahraga Saat Puasa Bisa Turunkan Berat Badan?
A A A
JAKARTA - Bagi umat Muslim, menjalankan puasa merupakan suatu kewajiban. Meski harus menahan rasa lapar dan haus, namun bukan berati Anda harus bermalas-malasan.

Anda pun tetap dianjurkan untuk melakukan sejumlah kegiatan, seperti berolahlaga. Namun, olahraga saat berpuasa tidak bertujuan untuk menurunkan berat badan.

"Berolahraga di bulan Ramadhan itu untuk maintenance, bukan untuk turunkan berat badan. Kalau mau berat turun, harus diimbangi dengan pengurangan makan," papar pakar gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK.

Namun, jika tetap ingin menurunkan berat badan, Samuel menganjurkan untuk berolahraga dan mengurangi seperempat porsi makan dari biasanya. Artinya, makanan yang dikonsumsi hanya tiga perempat dari biasa. Secara perlahan, Samuel menyarankan untuk mengurangi porsinya menjadi setengah.

"Bulan puasa ini mestinya dijadikan kesempatan. Coba saja, siapa yang merasa cepat kenyang saat buka walau hanya minum air putih. Itu tandanya lambung Anda mulai mengecil. Ketika kita terbiasa makan dengan porsi sedikit dan bobot tubuh mulai berkurang, harus diingat agar jangan makan terlalu banyak lagi," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5943 seconds (0.1#10.140)