10 Cara Sederhana Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet atau Olahraga

Senin, 20 Maret 2023 - 08:33 WIB
loading...
10 Cara Sederhana Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet atau Olahraga
Ada cara sederhana untuk menurunkan berat badan tanpa diet atau olahraga. Mengontrol berat badan merupakan cara yang tepat untuk menjalani hidup sehat. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada cara sederhana untuk menurunkan berat badan tanpa diet atau olahraga . Mengontrol berat badan merupakan cara yang tepat untuk menjalani hidup sehat.

Banyak kebiasaan gaya hidup sederhana dapat membantu Anda menurunkan berat badan . Beberapa tidak ada hubungannya dengan rencana diet atau olahraga konvensional.

Pakar kesehatan telah menemukan beberapa metode yang terbukti di mana seseorang dapat menurunkan berat badan tanpa harus berkeringat atau membuat diri sendiri kelaparan.

Cara Sederhana Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet atau Olahraga


Berikut cara menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga dilansir dari Times Now News, Senin (20/3/2023).


1. Kunyah Makan Secara Menyeluruh dan Perlahan


Ketika mengunyah makanan secara menyeluruh, Anda secara otomatis makan perlahan sehingga bisa mengurangi asupan makanan, dan porsi makanan yang lebih kecil. Sementara makan lebih cepat bisa menambah berat badan. Penelitian mengatakan bahwa mereka yang makan lebih cepat juga jauh lebih mungkin menjadi gemuk. Oleh karena itu, makan perlahan adalah cara sederhana untuk menurunkan berat badan.

2. Makan Porsi yang Lebih Kecil


Saat ini sulit untuk menjauh dari makanan yang tidak sehat sepenuhnya sehingga yang bisa dilakukan adalah makan porsi yang lebih kecil dari makanan tidak sehat. Itu pasti akan membantu mengendalikan berat badan. Porsi makanan tidak sehat yang lebih kecil dapat mengelabui otak agar berpikir Anda makan lebih banyak daripada yang sebenarnya.

3. Mengonsumsi Banyak Protein


Protein dapat meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu makan lebih sedikit kalori. Ini karena protein memengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam kelaparan dan kenyang, termasuk ghrelin dan GLP-1. Makanan kaya protein termasuk dada ayam, ikan, yogurt Yunani, lentil, quinoa, dan almond.

4. Simpan Makanan Tidak Sehat


Menyimpan makanan tidak sehat di tempat yang tidak dapat Anda lihat dapat meningkatkan rasa lapar dan mengidamnya menyebabkan memakannya lebih banyak. Jika Anda menyimpan makanan tidak sehat di konter, kemungkinan besar Anda akan memiliki camilan yang tidak direncanakan. Ini terkait dengan peningkatan berat badan dan obesitas.

5. Makan Makanan Kaya Serat


Makan makanan kaya serat meningkatkan rasa kenyang, yang pada gilirannya membantu merasa lebih kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Studi menunjukkan bahwa satu jenis serat, serat kental, sangat membantu untuk menurunkan berat badan, karena meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan.


6. Minum Air Secara Teratur


Minum air dapat membantu makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan, terutama jika meminumnya sebelum makan. Satu studi pada orang dewasa menemukan bahwa minum setengah liter air sekitar 30 menit sebelum makan mengurangi rasa lapar dan mengurangi asupan kalori.

7. Konsumsi Makanan Porsi Kecil


Ketika orang cenderung makan porsi besar, akan membuat ingin makan lebih banyak makanan, yang secara alami meningkatkan berat badan. Porsi yang lebih besar mendorong orang untuk makan lebih banyak dan telah dikaitkan dengan peningkatan kenaikan berat badan dan obesitas. Oleh karena itu, seseorang harus mencoba dan makan makanan dalam porsi yang lebih kecil.

8. Makan Tanpa Gangguan Elektronik


Orang yang makan saat menonton TV atau bekerja di komputer akan kehilangan jejak berapa banyak yang telah mereka makan. Sehingga dapat menyebabkan makan berlebihan dan seiring waktu peningkatan berat badan seseorang.

9. Tidur yang Cukup dan Hindari Stres


Saat stres, orang sering mengabaikan tidur yang cukup yang hanya menambah stres mereka. Keduanya memiliki efek yang kuat pada nafsu makan dan berat badan. Kurang tidur dapat mengganggu hormon pengatur nafsu makan leptin dan ghrelin. Hormon lain, kortisol, menjadi tinggi saat Anda stres.

Fluktuasi hormon-hormon ini dapat meningkatkan rasa lapar dan mengidam makanan, terutama makanan yang tidak sehat yang menyebabkan asupan kalori lebih tinggi.

10. Berhenti Mengonsusmi Minuman Manis


Minuman manis seperti soda telah dikaitkan dengan peningkatan risiko banyak penyakit. Sangat mudah untuk mengonsumsi kalori berlebih dari minuman manis karena kalori cair tidak mempengaruhi kenyang seperti halnya makanan padat, ditambah lagi membuat ketagihan yang menyebabkan mengonsumsinya lebih banyak.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)