Pastel Isi Daging untuk Hidangan Berbuka Puasa

Selasa, 07 Juni 2016 - 12:25 WIB
Pastel Isi Daging untuk Hidangan Berbuka Puasa
Pastel Isi Daging untuk Hidangan Berbuka Puasa
A A A
JAKARTA - Menu berbuka puasa selalu identik dengan sesuatu yang manis dan renyah. Salah satu makanan bertekstur renyah yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah gorengan, atau jajan pasar yang digoreng, seperti kue pastel, risoles, tahu isi, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk menyantap jajanan yang lebih sehat, ada baiknya jika Anda membuatnya sendiri dirumah dengan kreasi sesuka Anda dan keluarga. Selain mudah membuatnya, Pastel Isi Daging ini juga pas disantap ketika berbuka puasa. Yuk, intip resep dari Nestle-Family berikut ini.

Bahan untuk kulit:
420 gram tepung terigu
1 sdt garam
1 butir telur
3 sdm ghee atau minyak samin
190 ml air

Bahan untuk isian:
750 gram daging sapi cincang
300 gram bawang bombay yang telah dicincang halus
1 sdt lada hitam
2 kubus kaldu ayam, dilarutkan dengan 3 sdm air
Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng

Cara membuat:
Ayak tepung dalam mangkuk besar. Buat lubang di tengahnya, kemudian tambahkan ghee, telur, dan garam, kocok. Kemudian perlahan aduk bersama tepung, dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar adonan tidak menggumpal.

Setelah adonan tercampur rata dan kalis, bagi adonan menjadi 4 bagian, kemudian tutup dan sisihkan selama 1 jam.

Untuk isiannya, campurkan daging cincang dengan bawang bombay, lada hitam, dan kaldu ayam ke dalam wajan, tumis sebentar, aduk rata, dan sisihkan.

Kembali ke adonan, giling setiap adonan kemudian potong-potong adonan berbentuk beberapa bulatan. Tuangkan satu sendok makan campuran daging di bagian tengah adonan kemudian lipat adonan, dan putar bagian ujungnya seperti pastel.

Goreng pastel daging di dalam penggoreng berisi minyak yang telah dipanaskan hingga pastel berwarna cokelat keemasan. Sajikan untuk berbuka puasa.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7479 seconds (0.1#10.140)
pixels