Begini Cara Menggoreng Telur Mata Sapi yang Benar

Kamis, 09 Juni 2016 - 02:30 WIB
Begini Cara Menggoreng Telur Mata Sapi yang Benar
Begini Cara Menggoreng Telur Mata Sapi yang Benar
A A A
JAKARTA - Telur telur menjadi makanan yang digemari oleh setiap orang. Pengolahannya pun cukup mudah, bisa direbus atau digoreng. Banyak orang yang bisa menggoreng telur mata sapi untuk disantap.

Tapi, tahukah Anda jika menggoreng telur mata sapi pun punya teknik tersendiri? Untuk memahami cara membuat telur goreng ternyata merupakan keterampilan yang cukup penting dalam memasak.

Banyak koki dan ahli kuliner mengatakan bahwa mereka dapat mengevaluasi koki baru hanya dengan melihat cara mereka memasak telur. Dalam kompetisi memasak yang kini marak ditayangkan di televisi pun selalu ada episode yang difokuskan pada masakan telur, mulai dari telur dadar hingga telur rebus.

Telur goreng mata sapi adalah salah satu cara termudah untuk memasak telur. Namun penguasaan keterampilan dasar ini cukup penting untuk Anda pelajari karena begitu banyak hidangan yang dapat diubah dari lauk menjadi makanan utama hanya dengan menambahkan telur di atas hidangan tersebut.

Dilansir Cooking for One, untuk membuat telur goreng yang sempurna, khususnya telur mata sapi, ada tekniknya sendiri dan berbeda dengan ketika Anda membuat telur dadar atau omelet. Perbedaannya adalah, telur mata sapi sebaiknya hanya dimasak di satu sisi dengan penggorengan yang ditutup, sementara telur dadar harus dimasak di kedua sisinya. Berikut cara mudah membuat telur goreng favorit kelurga Anda!

Bahan-bahan:
½ sdm mentega atau minyak zaitun
1 butir telur
Garam dan lada secukupnya

Cara membuat:
1. Dalam penggorengan anti lengket, panaskan mentega dan minyak zaitun. Kemudian pecahkan telur ke dalam penggorengan dan bumbui dengan garam dan merica.

2. Untuk membuat telur mata sapi, tutup penggorengan dan masak 2 sampai 3 menit sampai putih telur menyatu dan bagian pinggit telur berwarna cokelat keemasan. Untuk membuat telur dadar, kocok telur terlebih dahulu, kemudian masak sekitar 2 menit dan gunakan spatula untuk membalik telur, masak kembali selama 2 menit hingga matang sempurna.

3. Sajikan hangat dengan nasi putih atau roti.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6278 seconds (0.1#10.140)