alexametrics

Sebelum Memanggang, Kenali Beda Tepung Pastry dan Tepung Kue

loading...
Sebelum Memanggang, Kenali Beda Tepung Pastry dan Tepung Kue
Tepung pastry dan tepung kue adalah 2 jenis tepung berbeda. Yang paling menarik dan signifikan berbeda dari jenis tepung ini adalah dalam hal memanggang. (Baking A Moment)
A+ A-
Tepung pastry dan tepung kue merupakan dua jenis tepung yang berbeda. Yang paling menarik dan paling signifikan berbeda dari jenis tepung ini adalah dalam hal memanggang.

Tepung pastry adalah tepung khusus rendah protein yang ideal untuk makanan yang dipanggang. Rata-rata, tepung pastry memiliki jumlah protein 8—9% dibandingkan tepung serbaguna, yang mengandung sekitar 10—12% protein. Kue kering, seperti biskuit, scone, kulit pie, dan roti, membutuhkan jumlah protein yang lebih rendah, yang mana adonannya lebih ringan dan lebih tipis.

Jumlah protein disamakan dengan jumlah gluten dalam tepung. Di mana semakin tinggi jumlah protein, semakin banyak gluten dalam tepung sehingga akan menghasilkan adonan yang lebih padat. Saat mencampur adonan, gluten dalam tepung (alias protein) mengikat bersama dan menjadi lebih kencang. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk tidak membuat terlalu banyak adonan karena terlalu banyak pencampuran akan menghasilkan adonan yang keras.

Namun, tepung pastry tidak ideal untuk semua kue kering, seperti roti kayu manis. Kudapan ini memiliki adonan yang lembut tapi padat yang paling sempurna menggunakan tepung serba guna. Jadi pertimbangkan setiap resep dengan hati-hati. Sementara tepung pastry dapat mengubah adonan yang menantang seperti puff pastry buatan sendiri, ini bukan bahan yang cocok untuk semua ukuran.



Dilansir dari Real Simple, sementara tepung pastry sangat ideal untuk kulit pie dan kulit tart, tepung kue dirancang untuk kue. Tekstur yang lembut dan halus dari tepung kue mudah menyerap cairan dan gula, yang menghasilkan kue yang ekstra lembab. Tepung kue memiliki jumlah protein 7—8%, bahkan lebih rendah dari tepung pastry.

Jumlah protein yang rendah menghasilkan tekstur kue dan muffin yang lembab, remah, dan halus. Banyak tepung kue tersedia dengan pre-sifted, diperkaya, dan diputihkan. Tepung kue tidak harus diganti dalam resep yang membutuhkan tepung serbaguna. Karena tepung kue mengandung lebih sedikit protein daripada tepung serbaguna, maka membutuhkan lebih banyak lemak yaitu telur, minyak, mentega.
(alv)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak