Awas! Wanita Penderita Migrain Rentan Alami Penyakit Jantung

Rabu, 15 Juni 2016 - 07:56 WIB
Awas! Wanita Penderita Migrain Rentan Alami Penyakit Jantung
Awas! Wanita Penderita Migrain Rentan Alami Penyakit Jantung
A A A
JAKARTA - Waspadalah jika Anda mengalami migrain. Pasalnya, tak hanya memicu rasa yang tidak nyaman tapi juga berkaitan dengan penyakit jantung. Kondisi ini pun lebih sering di derita oleh para wanita.

Dilansir dari Livescience, sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa dibandingkan wanita yang jarang migrain, wanita yang kerap menderita sakit kepala hebat lebih berisiko menderita serangan jantung dan nyeri dada atau angnia.

Tak hanya memicu penyakit jantung, wanita dengan migrain juga berisiko kematian yang terkait dengan gangguan jantung. Namun, ahli penyakit jantung dari Harvard Medical School, Dr.Rebecca Burch, masih ada beberapa faktor risiko penyakit jantung lain yang lebih besar. Seperti merokok, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Penelitian sebelumnya juga mengungkapkan, bahwa penderita migrain pada wanita juga lebih berisiko tinggi menderita stroke. Kondisi ini pun biasanya dibarengi dengan gejala seperti pusing atau suara berdering di telinga.

Para peneliti pun menduga, migrain bisa menyebabkan seseorang sakit jantung karena kedua kondisi memiliki mekanisme yang sama. Untuk memperkecil risiko tersebut, peneliti pun menyarankan agar memulai gaya hidup sehat. Mulai dari mengendalikan tekanan darah, kolesterol dan bergerak aktif.

"Mungkin ada yang berbeda pada pembuluh darah orang yang sering migrain sehingga membuat mereka rentan," papar Burch.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7831 seconds (0.1#10.140)