Juan Rahman Pilih Mudik Lebih Awal demi Ramadhan di Medan

Minggu, 10 Juli 2016 - 09:30 WIB
Juan Rahman Pilih Mudik Lebih Awal demi Ramadhan di Medan
Juan Rahman Pilih Mudik Lebih Awal demi Ramadhan di Medan
A A A
JAKARTA - Tradisi mudik ke kampung halaman saat lebaran memang bukan hal yang baru bagi para perantau ibu kota. Begitu pula lah yang dilakukan oleh oenyanyi dangdut Juan Rahman. Mengaku selalu ingin menyempatkan untuk merasakan puasa dan lebaran di kampung halamannya, Medan, Sumatera Utara, Juan bahkan kerap berangkat mudik lebih awal dari kebanyakan orang.

“Lebaran aku selalu mudik, nggak bisa nggak mudik. Karena orang tua aku, adik-adik aku di Medan selalu menunggu setiap tahunnya makanya aku pasti mudik. Aku juga selalu mudik lebih awal, karena aku nggak mau merasakan Ramadhan hanya di Jakarta,” papar dia kepada Sindonews beberapa waktu lalu.

Agar tidak terjebak kepadatan orang mudik, maka pria berusia 27 tahun ini punya tips tersendiri. “Jadi aku selalu usahakan minimal 10 hari sebelum lebaran aku harus pulang. Karena aku pengin ngerasain puasa sampai lebaran di kampung kayak zaman aku dulu, sama keluarga, sama teman-teman, beli takjil dan sebagainya. Karena itu buat aku bagaikan obat rindu,” cetus dia.

Penyanyi jebolan salah satu kontes dangdut ini juga mengatakan bahwa hal yang selalu dia rindukan dari kampung halamannya adalah saat ia berkumpul bersama seluruh keluarga besarnya dan kemudian memasak dan berbagi cerita bersama bahkan hingga larut malam.

“Tradisi di rumahku kalau dari puasa ke lebaran itu kita selalu kumpul di rumah nenek. Dan kalau udah ngumpul itu semua masak masakan Medan, terus kita ngobrol sepanjang hari bahkan sampai malem sama-sama. Nah, itu yang nggak bisa aku lewatin,” urai Juan.

Suasana kumpul-kumpul seperti itulah yang memang dirindukan Juan. Kumandang suara takbir menambah indahnya momen ini.

“Malam takbiran kalau masih kecil aku ikut takbir, kalau sekarang udah dewasa biasanya duduk di teras rumah, sambil dengerin takbir, sambil makan. Dan di rumah aku itu tiap kali makanan selalu banyak. Makanya aku kalau pulang pas lebaran itu aku pasti gemuk,” kata dia.

Mengingat hobinya yang selalu memasak dan menyiapkan makanan sendiri saat tinggal di ibu kota, Juan mengaku dia juga selalu memasak di momen lebaran saat berada di kampung halaman. Juan juga berencana untuk memasak menu special di Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

“Pasti, aku pasti masak. Apalagi kalau udah kumpul sama keluarga aku nggak bisa kalau nggak masak. Keluarga pun pasti minta aku masak. ‘Ju, masak ini dong’. Karena mereka ada makanan-makanan favorit yang biasa aku masak. Jadi mereka pasti minta, dan aku masakin,” ujar Juan.

Lantas apa yang akan dia masak tahun ini untuk keluarganya? Sebuah menu spesial tentunya.

“Lebaran ini aku mau masak cincang ayam di rumah. Cincang ayam kampung ekstra pedas. Makanan yang paling aku kangenin di kampung itu semua makanan yang dimasak mamaku, khususnya tauco, ikan laut, itu pasti ada,” beber dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6415 seconds (0.1#10.140)
pixels