Orangtua Wajib Perhatikan Jajanan Anak di Sekolah

Rabu, 20 Juli 2016 - 05:11 WIB
Orangtua Wajib Perhatikan Jajanan Anak di Sekolah
Orangtua Wajib Perhatikan Jajanan Anak di Sekolah
A A A
JAKARTA - Memulai tahun ajaran baru, salah satu yang wajib diperhatikan orangtua adalah masalah kebiasaan anak jajan di sekolah. Pasalnya jajan sembarangan yang dilakukan anak-anak usia sekolah dinilai memicu berbagai masalah kesehatan. Hal ini diperparah jika makanan tersebut tidak higienis.

Oleh karena itu agar anak tetap sehat, Direktur Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Drs Halim Nababan MM menekankan para orangtua untuk memperhatikan setiap jajanan anak di sekolah.

"Hal yang harus diperhatikan dalam jajanan anak adalah kebersihannya, lalu dilihat jenis makanan apa saja yang dijual. Selain itu, kondisi makanan yang dijual, pemisahan bahan matang dan mentah, apakah cukup kematangan dan suhunya. Artinya, makanan yang dingin harus disajikan dingin dan makanan panas harus disajikan panas," kata Halim dalam acara Tropicana Slim Health Agent Award di Nutrifood Indonesia, Jakarta, Selasa (19/7/016).

Selain itu, untuk mencegah anak tidak jajan sembarangan, Halim menyarankan para orangtua untuk memastikan anak selalu sarapan di pagi hari. Sementara untuk asupan di sekolah, orangtua wajib bekali anak dengan makanan sehat dari rumah. Cara ini dinilai mampu membuat anak tidak jajan di sekolah dan tetap sehat.

"Kebanyakan anak sekolah tidak dibawakan bekal dari rumah sehingga jajan di kantin sekolah. Selain itu, sarapan yang cukup dan aman akan membuat kesehatan anak tetap terkontrol saat di sekolah. Ditambah dengan istirahat cukup, membuat anak berkonsentrasi saat belajar serta tidak mengantuk di kelas," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7866 seconds (0.1#10.140)