Bintan Bahamanya Singapura, Sedot Turis Terbesar Keempat

Selasa, 30 Agustus 2016 - 10:25 WIB
Bintan Bahamanya Singapura, Sedot Turis Terbesar Keempat
Bintan Bahamanya Singapura, Sedot Turis Terbesar Keempat
A A A
BINTAN - Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Rizki Handayani mengatakan, potensi pariwisata pulau Bintan ibarat potensi pariwisata negara Bahama yang terdiri dari ±700 pulau di kawasan Karibia. Dimana pariwisata Bahama bergantung dari kunjungan wisatawan Amerika Serikat (AS).

Promosi pariwisata Bahama hanya berpusat di AS saja, dengan menggandeng maskapai-maskapai penerbangan.

Pendapatan asli Bahama, katanya, 60 persennya dari pariwisata. Dan secara tidak langsung mempekerjakan hampir sebagian angkatan buruh. Pertumbuhan yang kokoh dalam penerimaan pariwisata dan ledakan dalam pembangunan hotel, resort, dan tempat tinggal baru telah menimbulkan kuatnya perkembangan pendapatan.

Prospek keseluruhan perkembangan itu pada sektor pariwisata, yang bergantung pada perkembangan di AS, sumber sebagian besar pengunjung tempat wisata.

"Pulau Bintan sama seksinya dengan Bahama, ibaratnya Bahamanya Singapura. Kolam ikannya di Singapura, pusatkan promosinya di Singapura. Gandeng maskapai-maskapai penerbangan di Singapura," kata Rizki, di Lagoi Bay, Bintan.

Pengelola kawasan pariwisata Lagoi, menurutnya, mampu melaksanakan iven sport tourism bertaraf internasional dalam waktu singkat. Karenanya ini mendukung pengembangan pariwisata di Bintan yang membedakan dengan destinasi pariwisata lain di Indonesia.

"Kedepan bisa saja menjadi pusat penyelenggaraan iven pagelaran musik internasional, selain iven sport tourism internasional," tambah Rizki.

Di sisi lain, wanita jebolan ITB itu juga mengajak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk bisa bekerjasama dengan Kemenpar menggelar event olahraga berskala international. Pasalnya, dampaknya cukup besar tak hanya dari sisi prestasi olahraga melainkan juga kunjungan wisatawan luar negeri untuk berkunjung ke Indonesia.

”Karena Sport Tourism yang paling seksi untuk mendatangkan wisatawan dengan jumlah yang banyak dengan bersamaan dan dia akan menjadi penyebar imej positif bagi negara kita,”tandasnya.

Kemenpar sangat memperhatikan perkembangan pariwisata Bintan, apalagi kunjungan turis terbesar keempat nasional disumbangkan Bintan dengan 360 ribu kunjungan.

"Bintan ini terbesar setelah Bali, Jakarta dan Batam. Memiliki daya tarik tersendiri bagi turis asing yang masuk melalui Singapura," tambah Rizki.

Group General Manager PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) selaku pengelola pariwisata Bintan Resort Lagoi, mengatakan, siap meningkatkan sarana dan prasarana untuk menyambut peningkatan kunjungan turis asing.

”Bintan pintu masuk ke Indonesia, Bintan harus terus menjadi wilayah yang bagus untuk wisatawan, kami akan selalu meningkatkan ,”ujar Wahab.

Setiap penyelenggaraan iven sport tourism, lanjut Wahab, menelan biaya dari kantong perusahaannya Rp5 miliar. Iven-iven internasional yang diadakan diantaranya Tour de Bintan, Bintan Triathlon, Ironman 70.3 Bintan. Dan November nanti akan diadakan Spartan Internasional.

"Bintan sudah masuk dalam peta dunia destinasi sport tourism, dan masuk dalam kalender iven internasional sport tourism," tuturnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7054 seconds (0.1#10.140)