Lingkar Pinggang Lebih dari 80 Cm Berisiko Kanker Payudara

Rabu, 07 September 2016 - 09:27 WIB
Lingkar Pinggang Lebih dari 80 Cm Berisiko Kanker Payudara
Lingkar Pinggang Lebih dari 80 Cm Berisiko Kanker Payudara
A A A
INDIA - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, bahwa ukuran lingkar pinggang yang besar bisa menyebabkan risiko kanker payudara. Penelitian ini dilakukan oleh rumah sakit kanker di India, Tata Memorial.

Tata Memorial menunjukkan, di mana obesitas dengan ukuran pinggang lebih dari 80 cm meningkatkan risiko kanker payudara tiga kali lebih besar bagi perempuan India. Studi ini dipublikasikan dalam European Journal of Cancer akhir Agustus lalu.

"Studi kami menunjukkan obesitas sentral meningkatkan risiko setiap jenis kanker payudara. Baik pada wanita yang belum menopause maupun sudah menopause," papar penulis utama penelitian, dokter Rajesh Dikshit.

Dilansir dari Times of India, Dikshit menjelaskan, ada beberapa jenis kanker payudara. Di antaranya bergantung pada hormon estrogen. Sementara pada wanita menopause, hal ini terjadi hanya di beberapa kasus.

Untuk mencegah kanker payudara, Dikshit pun menyarankan wanita India untuk mengontrol berat badan dan lingkar pinggang dengan menjaga pola makan dan olahraga.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6832 seconds (0.1#10.140)