Strategi Kemenkes Tanggulangi Penyakit Kaki Gajah di Indonesia

Rabu, 28 September 2016 - 11:20 WIB
Strategi Kemenkes Tanggulangi Penyakit Kaki Gajah di Indonesia
Strategi Kemenkes Tanggulangi Penyakit Kaki Gajah di Indonesia
A A A
JAKARTA - Guna menanggulangi filariasis atau penyakit kaki gajah di Indonesia, Kementerian Kesehatan menetapkan Eliminasi Filariasis. Kegiatan ini merupakan salah satu prioritas nasional penanggulangan penyakit menular.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI, dr H. Mohamad Subuh, MPM mengatakan, untuk mensukseskan program tersebut dibutuhkan strategi yang lebih besar. Salah satunya melalui kampanye nasional pemberian obat pencegahan masal (POPM) filariasis dengan menggerakkan seluruh lapisan masyarakat yang diberi nama bulan eliminasi kaki gajah (BELKAGA).

"Ada dua strategi utama. Memutuskan rantai penularan penyakit kaki gajah dengan program POPM penyakit kaki gajah di kabupaten atau kota endemis penyakit kaki gajah. Upaya pencegahan serta membatasi kecacatan dengan melaksanakan program penatalaksanaan penderita penyakit kaki gajah," papar dr Subuh melalui keterangan pers yang diterima Sindonews.

Tak hanya itu, untuk mensukseskan program BELKAGA, pemerintah juga akan melakukan beberapa kegiatan. Mulai dari advokasi dan sosialisasi hingga menggerakkan masyarakat minum obat untuk mencegah penyakit filariasis.

"Kita juga akan mendekatkan pelayanan ke masyarakat dengan mendirikan pos-pos minum obat di setiap desa, dusun, pemukiman dan lokasi strategis lainnya. Tak lupa meningkatkan peran lintas sektor dan masyarakat," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7676 seconds (0.1#10.140)