Jeruk Nipis Bantu Jaga Kadar Asam Urat

Senin, 03 Oktober 2016 - 15:22 WIB
Jeruk Nipis Bantu Jaga Kadar Asam Urat
Jeruk Nipis Bantu Jaga Kadar Asam Urat
A A A
JAKARTA - Gout atau penyakit asam urat merupakan kondisi yang menyebabkan gejala nyeri tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki menjadi salah satu sendi yang paling sering terserang asam urat.

Kendati demikian, penyakit ini bisa dicegah dan dikontrol dengan menjalankan pola hidup sehat. Seperti tidak mengonsumsi alkohol, makanan manis, dan mengurangi makanan kaya purin seperti daging merah dan daging unggas. Selain menghindari faktor risiko, ada beberapa makanan yang dipercaya bisa menjaga kadar asam urat tetap normal. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Zeenews.

1. Jeruk nipis
Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis dipercaya bisa menjaga kadar asam urat tetap normal. Anda bisa mengonsumsi setengah air jeruk nipis bisa dua kali sehari secara rutin.

2. Ceri
Antosianin atau kandungan zat anti inflamasi pada buah ceri membantu mengurangi kadar asam urat. Selain itu, buah ini juga bisa mencegah peradangan dan nyeri.

3. Stroberi dan blueberry
Mengonsumsi buah stroberi dan blueberry secara rutin bisa membantu menjaga kadar asam urat dalam darah. Ini berkat kandungan anti inflamasi. Anda pun bisa menambahkan buah ini dalam menu diet.

4. Apel
Kandungan asam malat dalam buah apel bisa membantu menetralkan asam urat. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengonsumsi satu buah apel setiap hari.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6552 seconds (0.1#10.140)