Liburan Bisa Sembuhkan Penyakit

Senin, 10 Oktober 2016 - 09:23 WIB
Liburan Bisa Sembuhkan Penyakit
Liburan Bisa Sembuhkan Penyakit
A A A
LONDON - Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa liburan menyimpan banyak manfaat. Tak hanya menyenangkan, berlibur juga dipercaya bisa menjadi obat mujarab untuk sembuhkan sakit. Sejumlah penelitian pun menyarankan liburan untuk diresepkan bagi mereka yang sakit.

Dilansir dari Daily Mail, menurut para peneliti, berada di lingkungan yang menstimulasi rasa keingintahuan bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Penelitian ini pun terbukti melalui beberapa tikus yang ditempatkan di sebuah kandang besar yang penuh dengan mainan selama dua pekan. Selanjutnya, lingkungan yang menyenangkan dihadirkan untuk meningkatkan sel darah putih mereka yang bisa melawan infeksi.

"Efek ini luar biasa karena kami belum memberikan mereka obat, yang kami lakukan hanyalah mengubah kondisi sekitar mereka. Anda bisa mengatakan kami hanya menempatkan mereka di tempat yang sama dengan resor liburan selama dua pekan dan membiarkan mereka menikmati lingkungan baru mereka," papar Profesor Fulvio D'Acquisto dari Queen Mary University di London.

Dari hasil penelitian ini pun disimpulkan bahwa liburan bisa membantu mereka yang sakit menjadi lebih cepat pulih. Tak hanya untuk yang sakit, Profesor Fulvio juga menyarankan pekerja kantoran untuk membuat suasana hidup yang baru. Cara ini pun dinilai bisa menjadi salah satu cara yang menjanjikan untuk mengobati penyakit kronis.

"Bagaimana jika dokter dapat memberikan perubahan pada lingkungan pasien dan meresepkan obat liburan dua pekan? Atau mungkin kita bisa meningkatkan efek dari pengobatan standar yang berhubungan dengan mekanisme infeksi, dengan menawarkan sesuatu yeng berhubungan dengan lingkungan sekitarnya yang dapat meningkatkan kesehatan pasien secara general," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7126 seconds (0.1#10.140)