Caramel Dessert Muffin, Sajian Pencuci Mulut untuk Keluarga

Selasa, 11 Oktober 2016 - 08:20 WIB
Caramel Dessert Muffin, Sajian Pencuci Mulut untuk Keluarga
Caramel Dessert Muffin, Sajian Pencuci Mulut untuk Keluarga
A A A
JAKARTA - Sajian manis tentu menjadi favorit setiap orang. Baik berupa minuman dingin ataupun kue, makanan pencuci mulut atau dessert yang manis selalu memiliki tempat di perut siapa saja. Sesekali menghidangkan dessert di meja makan rumah Anda tentu akan menjadi hal yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota keluarga.

Namun hidangan dessert seperti apa yang cocok disajikan di tengah keluarga? Resep dari Taste.com.au ini nampaknya dapat menjawabnya. Selain lezat karena perpaduan rasa manis dan gurih, Caramel Dessert Muffin ini juga mudah dan praktis dalam membuatnya. Penasaran? Intip resepnya berikut ini!

Bahan-bahan:
100 gram cokelat isi caramel, bekukan di dalam freezer selama 1 jam
300 gram tepung terigu
1 sdm baking powder
90 gram gula palem
1 gelas susu
1 butir telur, kocok sebentar
80 gram mentega, dilelehkan

Bahan saus caramel:
100 gram mentega, cincang
120 gram gula palem
300 ml sour cream

Cara membuat:
Panaskan oven sampai 180° C. Siapkan loyang muffin dengan 12 lubang kemudian tempatkan kertas muffin di setiap lubangnya. Ayak tepung dan baking powder ke dalam mangkuk besar. Tambahkan gula dan aduk hingga rata dan buat lubang di tengahnya.

Campurkan susu, telur dan mentega dalam mangkuk dan tuangkan ke dalam lubang campuran tepungtadi. Menggunakan sendok besar, aduk sampai semua bahan tercampur rata. Cincang cokelat yang telah dibekukan kemudian tambahkan ke dalam adonan.

Selanjutnya isi tiga perempat setiap bulatan loyang muffin dengan adonan, kemudian panggang muffin selama 20 menit atau sampai berwarna cokelat keemasan. Matikan oven dan biarkan muffin dingin di loyang selama 1 menit. Hati-hati jika ingin memindahkannya ke dalam piring.

Membuat saus karamel: campurkan mentega dan gula dalam panci di atas api sedang. Masak, aduk selama 3 menit atau sampai gula larut. Matikan api dan segera tambahkan sour cream. Nyalakan api kembali. Masak dan aduk ekmbali selama 3 menit atau sampai saus panas namun jangan sampai mendidih.

Sajikan muffin hangat dengan saus hangat.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6569 seconds (0.1#10.140)