Belajar Musik dan Menari Bikin Otak Cerdas

Rabu, 12 Oktober 2016 - 06:12 WIB
Belajar Musik dan Menari...
Belajar Musik dan Menari Bikin Otak Cerdas
A A A
JAKARTA - Tak hanya menghibur, musik dan tarian juga dipercaya memiliki manfaat lainnya. Salah satunya membuat otak menjadi cerdas. Hal tersebut diungkapkan melalui penelitian terbaru yang dilakukan penelitian dari Concordia University, Montreal.

Penelitian tersebut menemukan, bahwa belajar musik dan tari yang dilakukan sejak dini, memiliki bermanfaat bagi kesehatan kognitif seseorang. Peneliti menggunakan teknik pencitraan berteknologi tinggi guna membandingkan efek dari tari dan pelatihan musik pada struktur materi putih di otak.

Dilansir dari Plose One, selanjutnya peneliti melakukan scan otak pada dua kelompok, satu kelompok yang mempelajari musik dan tari serta kelompok lainnya yang tidak melakukan pelatihan keduanya.

Hasil penelitian ini pun menunjukkan, bahwa otak dari kelompok yang belajar musik dan tari, memiliki tingkat kognitif yang lebih tinggi. Ini menunjukkan, bahwa belajar tari dan musik bisa memengaruhi otak meski efeknya tidak sama.

Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan jika tari dan musik bisa digunakan untuk perawatan pasien dengan kondisi tertentu. Salah satu tim peneliti, Virginia Penhune mengatakan, terapi menari kini digunakan untuk mengobati pasien penyakit Parkinson. Sementara, terapi musik digunakan untuk membantu pasien dengan autisme.

"Memahami bagaimana tari dan musik memengaruhi jaringan otak dengan cara yang unik memungkinkan kita untuk selektif menggunakannya. Studi ini berpotensi untuk diterapkan pada bidang pendidikan dan rehabilitasi," papar Penhune.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)