Hari Special, Cocok Hidangkan Chocolate Hazelnut Cake

Rabu, 12 Oktober 2016 - 05:37 WIB
Hari Special, Cocok Hidangkan Chocolate Hazelnut Cake
Hari Special, Cocok Hidangkan Chocolate Hazelnut Cake
A A A
JAKARTA - Membuat kue untuk orang-orang terkasih di hari special tentu akan menjadi memori indah bagi mereka yang menerima. Namun dalam membuat kue, khususnya untuk orang-orang terdekat tentu memerlukan perhatian khusus.

Tak hanya dari segi rasa, juga kesehatan. Untuk menghasilkan kue yang sehat dan tidak terlalu manis sehingga tidak memicu penyakit diabetes, resep dari Delicious.com.au ini bisa menjadi solusi yang pas. Selain sehat, soal rasa tidak perlu meragukan lagi, Chocolate Hazelnut Cake with Peanut Butter Icing ini begitu menggoda. Dijamin lezat dan menggugah selera. Selamat mencoba!

Bahan-bahan:
120 gram mentega tawar, cincang
130 gram dark chocolate, cincang
160 gram gula kastor
6 butir telur, dipisahkan kuning dan putihnya
1 sdt ekstrak vanili
35 gram coklat bubuk, diayak
200 gram kacang hazelnut, cincang kasar
Macaron untuk hiasan (opsional)

Bahan untuk icing:
210 gram selai kacang
75 gram gula icing, diayak
160 ml krim

Cara membuat:
Panaskan oven sampai 180C. Siapkan dua loyang berbentuk bulat, kemudian lapisi dengan kertas roti.

Lelehkan mentega dan cokelat dalam mangkuk di atas panci berisi air mendidih, aduk sampai meleleh dan rata. Matikan api, sisihkan. Gunakan mixer listrik, haluskan gula kastor, kuning telur dan vanili hingga kental dan pucat.

Tambahkan adonan coklat ke dalam campuran telur, aduk, dan tambahkan kakao serta hazelnut. Aduk kembali hingga seluruh bahan tercampur rata.

Dalam mangkuk terpisah, kocok putih telur sampai kaku dengan menggunakan mixer. Lalu tuangkan seperempat putih telur ke dalam campuran coklat, aduk rata, kemudian tambahkan sisanya dan aduk rata kembali.

Tuangkan adonan secara merata ke dalam dua loyang bulat, panggang selama 40 menit atau sampai berwarna cokelat keemasan. Matikan oven, diamkan cake dalam loyang agar dingin, sisihkan.

Untuk icing, campurkan selai kacang dan gula icing dengan menggunakan mixer hingga halus. Tambahkan krim dan haluskan kembali hingga tercampur rata. Dinginkan selama 10 menit, kemudian tuangkan ke dalam piping bag.

Letakkan kue pertama di atas piring dan berikan icing di atasnya. Tutup dengan kue kedua, tambahkan icing kembali hingga seluruh icing habis. Tambahkan macaron di atas kue sebagai hiasan sesuai selera. Sajikan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7351 seconds (0.1#10.140)