Turunkan Kadar Kolesterol Jahat dengan Konsumsi Oat

Kamis, 13 Oktober 2016 - 06:18 WIB
Turunkan Kadar Kolesterol Jahat dengan Konsumsi Oat
Turunkan Kadar Kolesterol Jahat dengan Konsumsi Oat
A A A
JAKARTA - Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari St. Michael's Hospital, Toronto menunjukkan bahwa oat atau gandum merupakan salah satu menu sarapan yang menyehatkan. Makanan ini pun diklaim bisa membantu turunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Dilansir dari British Journal of Nutrition, penelitian ini melibatkan 58 hasil studi klinis yang melibatkan 4 ribu responden. Penelitian pun difokuskan pada LDL alias kolesterol jahat. Namun studi terbaru juga menemukan, bahwa oat berdampak pada kolesterol non-HDL dan apolipoprotein B (apoB) alias lipoprotein yang membawa kolesterol jahat dalam darah.

"Studi meta-analisis secara acak ini menyimpulkan bahwa makan oat bisa mengurangi semua tiga penanda yakni kolesterol LDL, kolesterol non-HDL, dan apoB. Ini informasi yang sangat penting bagi orang-orang dengan sindrom metabolik dan diabetes tipe 2," papar peneliti.

Umumnya, pasien dengan sindrom metabolik dan diabetes tipe 2 biasanya tidak mengalami peningkatan kadar kolesterol LDL. Dalam penelitian ini, peneliti Vladimir Vuksan mengatakan, bahwa diet dengan 3,5 gram serat beta-glukan dari gandum dalam sehari membantu menjaga kadar kolesterol LDL, kolesterol non-HDL dan apoB.

Hasil dari penelitian ini pun menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kolesterol LDL berkurang 4,2%, kolesterol non-HDL 4,8% dan apoB 2,3%. Hasil penelitian kali ini pun melengkapi penemuan sebelumnya yang menenukan bahwa makan 3 gram serat oat setiap hari dari semangkuk oatmeal bisa menurunkan kadar kolesterol total sebanyak 23%.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8143 seconds (0.1#10.140)