Kapan Harus Melahirkan Secara Normal atau Caesar?

Jum'at, 14 Oktober 2016 - 13:22 WIB
Kapan Harus Melahirkan...
Kapan Harus Melahirkan Secara Normal atau Caesar?
A A A
JAKARTA - Spesialis obstetri dan ginekologi MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Dr.dr. Batara Sirait, SpOG menjelaskan, bahwa sebelum melakukan persalinan, setiap calon ibu harus mengetahui kondisi kesehatannya. Pasalnya, hal ini bertujuan untuk mengetahui proses persalinan apa yang nanti akan digunakan.

"Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Jadi harus dicek kebutuhannya apa. Tapi kadang ada hal yang mengharuskan seseorang untuk melakukan persalinan secara caesar. Tapi yang terpenting itu ibu dan bayi sehat dan selamat," papar Dr Batara di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta.

Dr Batara menjelaskan, bahwa berat badan tidak bisa menjadi patokan untuk melakukan proses persalinan. Namun, yang bisa dijadikan patokan adalah pemeriksaan dokter dan tinggi badan. Di mana tinggi badan dibawah 150 CM umumnya harus melakukan persalinan secara caesar.

"Nggak ada kolerasinya orang gemuk harus caesar dan orang kurus bisa lahir normal itu juga nggak pasti. Yang bisa jadi pegangan itu berdasarkan pemeriksaan dokter. Di lihat dari jari dokter melalui vagina, sudah pembukaan berapa. Selain itu tinggi badan dibawah 150 CM, memang panggulnya umumnya lebih kecil dan lebih sempit jadi harus caesar," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8802 seconds (0.1#10.140)