Apakah Benjolan di Payudara Sudah Pasti Kanker Payudara?

Kamis, 20 Oktober 2016 - 09:23 WIB
Apakah Benjolan di Payudara Sudah Pasti Kanker Payudara?
Apakah Benjolan di Payudara Sudah Pasti Kanker Payudara?
A A A
JAKARTA - Salah satu gejala kanker payudara adanya benjolan di bagian payudara. Namun, tidak semua benjolan di payudara merupakan adanya kanker payudara.

"Tidak semua benjolan di payudara itu kanker payudara," papar Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia, Linda Agum Gumelar saat ditemui di Kuningan City, Jakarta.

Lanjut Linda menjelaskan, benjolan di payudara bisa menandakan adanya penyakit kelainan payudara selain kanker yang juga menimbulkan gejala berupa benjolan di payudara. "Bisa kista, FAM (Fibroadenoma Mammae), abses dan infeksi," jelasnya.

Kendati demikian, Linda menyarankan agar wanita tetap waspada dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI. Cara ini dilakukan guna mencegah dan menangani penyakit mematikan tersebut sedini mungkin.

Sementara untuk pemeriksaan bisa dilakukan di rumah setelah menstruasi secara rutin. Idealnya, SADARI, dilakukan delapan hari setelah mestruasi. Sedangkan untuk wanita yang sudah menopause, SADARI dilakukan setiap tanggal tertentu yang mudah diingat. Seperti setiap tanggal satu atau setiap tanggal kelahiran.

"Pemeriksaan payudara sendiri merupakan salah satu cara untuk mengetahui ada tidaknya kelainan pada payudara. Ini sangat penting, karena kalau terdeteksi stadium awal, nyawa kita bisa ditolong. Karena itu kita harus melakukan SADARI sedini mungkin," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5407 seconds (0.1#10.140)