Presiden Vladimir Putin Beri Status WN Rusia untuk Steven Seagal

Jum'at, 04 November 2016 - 06:30 WIB
Presiden Vladimir Putin Beri Status WN Rusia untuk Steven Seagal
Presiden Vladimir Putin Beri Status WN Rusia untuk Steven Seagal
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengeluarkan keputusan yang memberikan status kewarganegaraan bagi aktor laga veteran, Steven Seagal. Aktor tersebut kondang lewat aksi heroiknya lewat film-filmnya pada 1990an.

Steven dikenal sebagai salah satu teman Putin, yang dia sebut sebagai slah satu pemimpin dunia terhebat. Keduanya menjadi dekat dalam beberapa tahun belakangan ini dengan Steven beberapa kali mengunjungi Rusia dan membela Moskow saat mencaplok Crimea dari Ukraina pada 2014.

Juru bicara Putin, Dmitry Peskov, menuturkan, Steven dikenal atas perasaannya yang hangat terhadap Rusia dan perasaan itu tidak pernah berubah. Dia juga memaparkan, aktor itu sudah beberapa kali meminta agar diberi status kewarganegaraan.

“Pada saat yang bersamaan, dia adalah aktor yang cukup terkenal, yang menjadi alasan untuk memberikannya status kewarganegaraan Federasi Rusia,” ujar Peskov seperti dikutip Reuters.

Steven menjadi bahan pemberitaan utama ketika dia menyebut aksi Rusia di Crimea pada 2014 sangat masuk akal. Di tahun yang sama, dia juga menggelar konser di tempat tersebut.

Dikutip dari BBC, pada 2013, Putin dikabarkan mengajukan Steven sebagai konsul kehormatan Rusia di California dan Arizona. Langkah ini bisa membuat Steven menjadi penengah antara Gedung Putih dan Kremlin. Tapi, permintaan ini ditolak Amerika Serikat (AS).

Steven, yang neneknya berasal dari Vladivostok di Rusia timur jauh, sudah beberapa kali mengunjungi Rusia. Selama kunjungannya itu, aktor asal Michigan, AS, tersebut mengatakan ingin menghabiskan beberapa bulan dalam setahun di Negeri Beruang Merah tersebut.

Sebelumnya, Rusia juga telah memberikan status kewarganegaraan kepada sejumlah selebritas. Di antaranya adalah aktor Prancis Gerard Depardieu, petarung bela diri campuran AS Jeff Monson, petinju AS Roy Jones dan peseluncur salju AS Vic Wild.

Awal tahun ini, Steven telah diberikan status warga negara Serbia setelah menawarkan membangun sekolah bela diri di Beograd. Steven dikenal atas aksinya di film Under Siege dan Flight of Fury. Aktor berusia 64 tahun ini juga membintangi reality show di AS berjudul Steven Seagal: Lawman.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5545 seconds (0.1#10.140)